Pancasila Merupakan Dasar Filosofis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

1539953674

TOSKOMI.COM || Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Ilham Pangestu dapil Aceh 2 mengatakan dalam kegiatan 4 Pilar Kebangsaan, Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sanskerta , panca artinya 5 (lima) dan sila berarti prinsip atau asas.  

Pancasila merupakan rumusan atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat  Indonesia.

Selain bersifat yuridis formal yang seluruh peraturan perundang-undangan berlandaskan Pancasila (sering disebut sumber dari segala sumber hukum), Pancasila juga bersifat filosofis. Pancasila Artinya, Pancasila merupakan falsafah negara dan pandangan bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai cita-cita nasional.

Hal itu diungkapkan Ilham Pangestu yang juga merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, pelaksaan 4 Pilar Kebangsaan yang di laksanakan di Kota Langsa, kecamatan Langsa timur tepatnya di gampong Alue Pineung Provinsi Aceh pada tanggal 19 Maret 2021.

Dalam kegiatan tersebut yang di hadiri oleh para tokoh masyarakat dan para pemuda dan pemudi Kota Langsa Ia mengatakan.

“Sebagai dasar negara dan pandangan hidup, Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang harus dihayati dan dipedomani oleh warga negara Indonesia dalam hidup dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara"

Lebih dari itu, nilai-nilai Pancasila sepatutnya menjadi karakter masyarakat Indonesia sehingga Pancasila menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

Oleh karena kedudukan dan fungsinya yang sangat fundamental bagi negara dan bangsa Indonesia, maka dalam pembangunan karakter bangsa, Pancasila merupakan landasan utama. Sebagai landasan, Pancasila merupakan rujukan, acuan, dan sekaligus tujuan dalam pembangunan karakter bangsa.

Ilham Pangestu juga mengungkapkan bahwa 4 Pilar, terutama Pancasila, merupakan rumusan cita-cita besar bangsa Indonesia. “Pancasila adalah dorongan hati manusia Indonesia ke dalam dimensi kehidupan sehari-hari.

Selain itu Pancasila juga memiliki nilai-nilai kedamaian, keimanan, ketaqwaan, keadilan, kesetaraan, keselarasan, persatuan dan kesatuan.

Dengan demikian Pancasila dinilai memenuhi syarat sebagai pilar bagi negara-bangsa Indonesia yang pluralistik dan cukup luas dan besar ini. Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia. tutupnya Ilham Pangestu yang merupakan Kader Golkar sekligus Ketua DPD II Kota Langsa. (Ril)

Komentar

Loading...