Hari Jadi Kota Takengon Ke 444, 30 Anggota DPRK Aceh Tengah Pakai Baju Adat Kerawang Gayo

IMG-20210217-WA0009

TOSKOMI.COM II ACEH TENGAH - Peringatan hari jadi kota takengon ke 444 yang di selenggarakan di ruang sidang DPRK Aceh Tengah berjalan sukses dan khidmad (Rabu, 17/02/2021)

Acara tersebut langsung dibuka oleh ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega tepat pukul 10:30 Wib dengan diketuknya palu tanda sidang telah dimulai.

Peringatan hari jadi Kota Takengon kali ini tampak berbeda dengan peringatan hari jadi tahun lalu, pasalnya seluruh angggota DPRK Aceh Tengah yang hadir dalam acara tersebut memakai pakaian adat gayo berwarna hitam lengkap, mulai dari mahkota khas kerawang gayo, baju kerawang , serta syal leher yang bercorak kerawang gayo.
Dengan Balutan pakaian kerawang gayo lengkap  yang menjadi salah satu pakaian sakral di dataran tinggi gayo ini, 30 anggota DPRK Aceh Tengah Terlihat sangat elegant menggunakannya.

Ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega dalam sambutan acara tersebut juga menggunakan bahasa gayo, " kurr semangat gayo ku" bangkitlah semangat gayo ku, awal kalimat pembukaan yang diserukan Arwin mega.

Semakin Kentalnya nuansa kegayoan yang menyelimuti acara peringatan hari jadi kota takengon yang ke 444 tersebut juga dilihat dari dekorasi ruangan sidang yang bercorak kerawang gayo dan warna khas dari dataran tinggi gayo sendiri.

Arwin Mega juga mengatakan, pihaknya akan membuat Qanun tentang bahasa Gayo yang dipakai pada setiap hari Kamis dan menetapkan hymne Gayo. "Kami sudah berkoordinasi dengan Bapak Bupati tentang pembuatan Qanun tersebut. Ungkapnya.

Beliau juga bersyukur atas terselenggaranya peringatan hari jadi kota takengon yang ke 444 ini dapat terlaksana dengan sukses dan penuh suka cita tutupnya.  (Dedy Aramiko)

Komentar

Loading...