Warga Gayo Lues Akan Mendapat BLT 600 Ribu Per KK

IMG_20200504_204057-768x404

TOSKOMI.COM II Blangkejeren (Selasa 05/05/2020) – Seperti daerah lain, Warga Kabupaten Gayo Lues juga akan mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Besaran yang diterima Rp 600.000 (Enam ratus ribu rupiah) per Kepala Kelarga, (KK), disiapkan pemerintah bagi warga terdampak covid-19.

Rencana ini dibahas Bupati Kabupaten Gayo Lues H. Muhammad Amru dalam rapat penanganan Covid-19 bersama sejumlah Kepala SKPK, Ketua DPRK ,Forkopimda setempat serta Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid di ruang kerja Bupati Gedung Bale Musara Kota Blangkejeren (4/5).

Kriteria warga yang akan mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per KK dari Kemensos adalah warga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS). Siapa saja boleh menerima bantuan ini, kecuali TNI/Polri, PNS, Keluarga DPR serta orang yang dianggap mampu lainnya.

Selain itu, disampaikan Bupati Amru, KK yang akan mendapatkan bantuan tersebut, dipastikan tidak terdaftar pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi, contohnya seperti penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Data calon peneriman bantuan Kemensos untuk masyarakat Gayo Lues dalam tahapan pemutakhiran (proses), dan sudah diseleksi supaya tidak terjadi overlapping (tumpang tindih).

Selanjutnya, Kadis Sosial Sukri SP menyampaikan, warga Kabupaten Gayo Lues calon penerima BLT dari Kemensos RI jumlahnya sebanyak 4055 KK. “Jumlah yang kita usulkan sebenarnya lebih dari situ, namun yang diterima hanya 4055”, kata Sukri.

“Kalau yang sudah mandapat bantuan PKH atau bantuan BLT lainnya baik dari Kabupaten atau Provinsi, maka mereka tidak lagi mendapat bantuan ini, sebab tidak bisa tumpang tindih”, ujarnya.

Dana ini diberikan secara tunai sebesar Rp 600 ribu per KK untuk jatah tiga bulan, disalurkan melalui kantor pos, tanfa harus membuat Rekening BANK. (Radarnews)

Komentar

Loading...