Satu Lagi Komisiner KIP Aceh Tengaj Juga di Lapor Oleh Mantan Celeg DPRA….?

Ketua KIP Aceh Tengah di Lapor Ke DKPP Oleh Panwas, Ada Apa…?

PhotoGrid_1572591767011

TOSKOMI.COM || ACEH TENGAH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tengah melaporkan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Laporan tersebut terkait adanya dugaan melecehkan oleh Ketua KIP Aceh Tengah terhadap anggota Panwaslih dengan kalimat yang tidak mengenakkan menggunakan bahasa daerah.

Ketua Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslih Aceh Tengah Maryeni membenarkan bahwa pihaknya telah melaporkan Ketua KIP Aceh Tengah atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

“Iya benar, laporanya sudah kami kirimkan via online ke DKPP,” kata Maryeni saat dikonfirmasi wartawan via WhatShapp (31/10).

Maryeni juga mengirimkan screen Shot percakapan dengan ketua KIP Aceh Tengah tersebut mengeluarkan kalimat yang dianggap sangat tidak pantas.

Maryeni menyampaikan, permasalahan itu bermula saat rapat pleno terbuka penentuan pada 14 Agustus 2019 lalu di Aula Linge Land Hotel, terkait penetapan kursi dan calon terpilih. Sesuai aturan, Panwas menerima berita acara dan surat keputusan sesuai PKPU Pasal 9.

Dalam PKPU Pasal 9 itu disebutkan bahwa KIP kabupaten/kota menetapkan perolehan kursi partai politik untuk anggota DPRD dengan keputusan KPU/KIP berdasarkan berita acara sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

“Sebelumnya bahan yang diberikan ke Panwas hanya berita acara penetapan kursi dan calon, seharusnya disertai dengan keputusan sesuai dengan Pasal 9. Saat kami ingatkan untuk dilengkapi, Ketua KIP bawaannya emosi dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas,” ujarnya.

Karena alasan itu kemudian Panwaslih melaporkan Ketua KIP Aceh Tengah Yunadi ke DKPP. Laporan ini juga telah dituliskan melalui Website DKPP (dkpp.go.id) dengan nomor 334-P/L-DKPP/X/2019 tertanggal 11 Oktober dan telah diverifikasi materil tanggal 17 Oktober 2019 yang lalu.

Dari situs resmi DKPP itu, disini pengadunya Vendio Elafdi, Maryeni dan Darmawan Putra (Ketua dan Anggota Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah). Sedangkan teradu yakni Yunadi (Ketua KIP Aceh Tengah).

Ketua KIP Aceh Tengah, Yunadi Harun tidak terlalu banyak bicara saat dimintai konfirmasi oleh wartawan mengenai pelaporan oleh Panwaslih ke DKPP tersebut, dirinya hanya menjawab singkat. “No Koment,” jawabnya singkat.  (AJNN.NET)

Komentar

Loading...