Kuda Gayo Terancam Punah, Fordasi Berbenah

8573B5E7-2247-49EF-A342-D48A1923EE06

TOSKOMI.COM|| Takengon (26/8/2019)-Habitat kuda gayo ada di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, Provinsi Aceh. Sejak beberapa tahun terakhir terjadi penurunan jumlah populasi dan terancam mengalami kepunahan pada tahun 2037.

Kuda gayo merupakan salah satu plasma nutfah kuda asli Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 1054/Kpts/SR.120/10/2014. 

Ancaman kepunahan tersebut terjadi karena fungsi kuda di Gayo sebagai hewan ternak semakin berkurang, kuda kini hanya dipertandingkan dalam ajang pacuan kuda tradisonal Gayo.

Datangnya kuda peranakan dan ras asli kuda eropa membuat ruang Kuda Gayo semakin tersingkir, kini pemilik kuda lebih menilik kuda yang lebih tinggi untuk diperlombakan di arena pacuan.

Namun di event tahun ini, Kabupaten Aceh Tengah mulai memfokuskan Menempatkan Kuda Gayo lebih istimewa dari biasanya. Hal ini disampaikan Ketua Fordasi Aceh Tengah, Zuhaidi, SH saat ditemui disela-sela pembukaan acara pembukaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo (26/8/2019).

Kata Cik Didi (panggilan akrap Zuhaidi), pacuan kuda itu mendarah daging dihati Rakyat Gayo berkat Kuda Gayo. Justru karena itu pihaknya merekomendasikan untuk mengembalikan pacuan kuda ke tradisional.

“Ada sensasi yang berbeda ketika melihat Kuda Gayo melintas di arena, kita ingin mengingatkan kembali memori kolegtif pencinta pacuan kuda” Kata Didi.

Secara teknis ada perlakuan berbeda terhadap Kuda Gayo, Pertama kuda gayo dilepas tanpa box start atau dengan pemandu serta joki memakai pakaian adat Gayo, kedua uang pembinaan yang setara dengan kuda peranakan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah, Jumadil melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata, Hamdani, SH menambahkan bahwa Pacuan Kuda kali ini selain mengedepankan sisi tradisional, juga bertambah semarak.

Hata Hamdani, selain Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, juga tahun ini kembali diikuti oleh Aceh Besar. Menariknya Tahun ini Sumatera Barat dan Kabupaten Aceh Tenggara juga ambil bagian dalam event yang dilaksanakan sepekan kedepan. [Sd]

Komentar

Loading...