Antusiasme Pengunjung Anjungan Aceh Tengah Tinggi

08A1E7D7-849C-4491-B337-E33D5F8F1169

TOSKOMI.COM|| Banda Aceh (7/8/2018) - Hari pertama pembukaan Aceh Culture dan History expo, antusias pengunjung mengunjungi anjungan sangat tinggi.

Aceh Tengah misalnya sejauh ini telah dikunjungi 1.139 Orang.

Angka tersebut diperoleh dari buku regestrasi tamu yang dipegang di Anjungan tersebut, Kata Ella, Panitia Yang bertugas di Anjungan Aceh Tengah. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat setiap harinya.

Pantauan toskomi, Anjungan Aceh Tengah menonjolkan Ragam pameran yang menampilkan kekayaan sejarah, kebudayaan, dan kreativitas bangsa Gayo berupa perhiasan, benda-benda peninggalan sejarah, literasi, dan kebencanaan.

Tampak juga duplikat penemuan fosil manusia purba yang diperediksi berusia 3.500 tahun yang lalu dengan posisi kaki terlipat yang menurut beberapa penelian menunjukan sebagi ras mengoloid dan berbudaya Austronosia serta telah di test DNA dan hasilnya menunjukan kerangka purba tersebut sama dengan orang gayo sehingga diyakini sebagai nenek moyang orang Gayo.

Disamping itu, ada juga anyaman rotan, pahatan batu, temuan pragmen berpola hias telnis lukis, cangkang moliska laut; aklabat daun, pragmen gerabah lainya, grind stone yang diperkitakan berusia 3000 sampai dengan 4000 tahun yang lalu.

Kini Juga Kabupaten sebuah Akasa Gayo atau rasi Gayo yang saat ini telah diseminarkan dan saat ini sedang dikaji dengan pendekatan Filologi dengan menggunakan telnik etnograkmatik.

Bupati Shabela Targetkan Yang Terbaik Untuk Aceh Tengah

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menargetkan yang terbaik dalam PKA VII. Hal itu dilihat dari beberapa persiapan kontingen.

“Kita bukan mengejar juara, namun harus menjadi yang terbaik dari yang baik,”kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar

Shabela menerangkan bahwa Aceh Tengah hanya menampilkan hal-hal yang spesifik yang ada di Kabupaten yang terkenal memiliki kopi terbaik di dunia tersebut.

Shabela tampak tak ingin sesumbar dengan target apa yang ingin dicapainya, walaupun kompektifitas kontingen menunjukan trend yang sangat positif.

Aceh Culture dan History expo sendiri dijadwalkan berlangsung mulai 7 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2018. [Az]

Komentar

Loading...