Mendagri Kukuhkan Nova Iriansyah dan Syarkawi sebagai Plt

IMG-20180709-WA0023

TOSKOMI.COM II JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengukuhkan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Senin (9/7) pagi di Kementerian Dalam Negeri.

Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, Tjahjo Kumolo juga mengukuhkan Wakil Bupati Bener Meriah, Syarkawi sebagai Plt Bupati Bener Meriah.

Sebelumnya, Mendagri melalui surat Nomor 121.11/4352/SJ tanggal 5 Juli 2018 menunjuk Nova Iriansyah sebagai Plt Gubernur Aceh. Kemudian Tjahjo Kumolo memerintahkan (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk menunjuk Wakil Bupati Bener Meriah menjadi Plt Bupati kabupaten setempat, pasca bupati Ahmadi ditetapkan tersangka oleh Komis Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan Tjahjo Kumolo melalui surat Nomor 131.11/4353/SJ tanggal 5 Juli 2018 yang ditembuskan kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Indonesia dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bener Meriah.

"Untuk kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah di Kabupaten Bener Meriah, agar saudara (Plt Gubernur) memerintahkan sdr Sarkawi (Wakil Bupati Bener Meriah untuk melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Mendagri dalam surat tersebut.

Dalam surat itu, Mendagri juga meminta Plt Gubernur Aceh untuk melakukan monitoring terhadap kasus suap yang melibatkan dua kepala daerah di Aceh yaitu Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah, Ahmadi.

Menannggapi surat Mendagri, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah kemudian menyurati Wakil Bupati Bener Meriah dengan surat Nomor 131.11/19654 tanggal 5 Juli 2018 tentang PenugasanWakil Bupati Bener Meriah selaku Plt Bupati Bener Meriah.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah ditetapkan KPK menjadi tersangka suap ijon proyek yang dibiayai dana otonomi khusus (otsus).

Penangkapan terhadap kedua pejabat tersebut dilakukan di lokasi terpisah. Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ditangkap di pendopo gubernur di Banda Aceh, sementara Bupati Bener Meriah Ahmadi ditangkap di Aceh Tengah.(Ajnn)

Komentar

Loading...