“Cegah Ikan Beformalin, Kadis Perikanan Aceh Tengah Akan Lakukan Ini”

F899CEFF-7086-4A6B-8E84-18A18C02687C

TOSKOMI.COM|| Takengon (28/6/2018) - Dinas Perikanan Aceh Tengah usulkan alat detektor formalin ke Dewan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Aceh Tengah, Syabilul Rasyid kepada media ini.

Syabilul menegaskan hal ini penting mengingat temuan dilapangan menunjukan beberapa jenis ikan yang diperdagangkan positif mengandung formalin.

Syabibul menegaskan saat ini kendala yang dialami oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah adalah tidak adanya alat untuk mengetes ikan tersebut mengandung formalin atau tidak. Sementara ini lanjutnya laboratorium hanya ada di Provinsi. Sehingga pengecekan dilakukan hanya 2 sampai 3 kali dalam setahun.

Secara teknis Syabibul menganggap alat tersebut akan dipakai oleh Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) di pintu-pintu masuk ikan yakni Perbatasan Bener Meriah dan di Perbatasan Nagan Raya.

Hal ini menurut Syabibul untuk menjaga agar masyarakat tetap aman untuk mengkonsumsi ikan-ikan laut. Untuk itu dirinya berharap ada dukungan dari semua pihak terhadap hal ini.

Namun Syabibul tidak menjelaskan secara detail menegenai alat detektor yang ia maksud.

Terhadap Ikan Lokal baik itu dari Danau Lut Tawar atau dari kolam warga, Syabibul menegaskan belum ada temuan atau laporan dari masyarakat. Sehingga menurutnya Ikan Lokal relatif aman untuk dikosumsi. [Az]

Komentar

Loading...