Jokowi Curhat Transformasi Bisnis Keluarganya

DE861D61-B23E-4B08-8C30-A10748B21B7F

TOSKOMI.COM|| Jakarta (5/6/2018)- Presiden Joko Widodo alias Jokowi curhat mengenai transformasi bisnis keluarganya. Presiden Indonesia ke-7 dikenal merupakan pebisnis kelas menengah yang telah dilakoninya selama 27 tahun. Beda dengan elit-elit politik nasional yang kaya karena mengeruk isi perut bumi dan kaya karena mengkonversi pengelolaan hutan.

Bisnis Mebel yang dikelola Jokowi telah berhasil mengekspor meubel ke Eropa, Amerika, lalu sekarang berhasil menembus Korea dan Jepang.

Seluk beluk usaha yang dirintisnya tersebut mulai dari nol menurutnya gampang-gampang susah. “saya tahu betul bagaimana susahnya cari modal usaha di awal-awal, kemudian keliling-keliling mencari pembeli, mengurus perizinan yang rumit, mengisi SPT pajak, mengurus karyawan, pegawai, dan mengurusi alat-alat produksi” Ujar Jokowi

Bisnis yang telah mengantarkan dirinya menjadi orang No.1 se-Nusantara ini ternya tidak sedikitpun diminati oleh ketiga anaknya.

“terus terang, saya sedih tiga anak saya tak satu pun yang mau meneruskan usaha saya. Kurang apa? Pabriknya ada, alat-alat produksinya ada, karyawannya ada”. Katanya.

Bagaimana tidak, anak sulung Jokowi, Ghibran Rakabuming Raka yang malah memilih menjual martabak.

Yang bikin “shock”, waktu anak sulung saya Gibran datang: “Pak, saya mau jualan martabak”. Dalam hati saya, “Waduh, jualan martabak."

Namun ternyata martabak Ghibran yang dibungkus dengan brand Markobar tersebut telah menenggelamkan brand value pabrik kayu milik Jokowi. Bahkan hitung-hitungan Jokowi nilainya lima kali lipat.

Jokowi pun akhirnya menyadari perbedaan antara generasi tua dan generasi muda saat ini. Generasi dahulu seperti saya lebih bangga jika memiliki aset besar, karyawan banyak, dan ekspor besar. Saat ini ada hal yang lebih besar nilainya yakni brand value.

Tidak ketinggalan dengan kakaknya, Anak Jokowi yang dikenal dengan kemampuan vlog vidio, Kasaeng juga menghadap dan menyampaikan ingin membuka bisnis pisang goreng. Jokowi juga pasrah dan mau tidak mau merestui niat anak bungsunya tersebut.

Komentar

Loading...