Hasil Uji Lab, Ikan Dipasar Tradisional Di Takengon Positif Mengandung Formalin

A420648D-0EEC-43B8-9BA5-6D05EC3501F2

TOSKOMI.COM|| Takengon (22/5/2018) - Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Tengah menemukan ikan-ikan komsumsi yang dijual di pasar tradisional wilayah Takengon Aceh Tengah terindikasi mengandung formalin.
Hal ini berdasarkan isi surat Dinas Perikanan Aceh Tengah bernomor 523/070/2018 tertanggal 19 Mei 2018, yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Aceh Tengah dan Kepala Dinas Pangan Aceh Tengah.

Dalam surat itu disebutkan, Tim UPTD Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh serta turut didampingi Staf Dinas Perikanan Aceh Tengah, pada 3 - 4 Mei 2018 lalu melakukan pengujian terhadap ikan yang dicurigai mengandung formalin dan dijual di pasar ikan Paya Ilang dan Pasar Bawah.


Hasilnya ditemui beberapa jenis ikan yang terindikasi mengandung formalin. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan di pasar ikan Paya Ilang pada Kamis (3/5) lalu terdapat beberapa jenis ikan yang terindikasi mengandung formalin yakni jenis ikan kerapu, bawal, cumi-cumi, dencis, udang, kantup dan ikan pisang-pisang.

Selain itu hasil uji yang dilakukan di pasar Bawah pada Jumat (4/5) dengan menggunakan metode teskit formaldehyde, jenis ikan yang terindikasi mengandung formalin yaitu jenis ikan jenara, kantup, nila dan ikan cirik.


Selanjutnya, kepada dinas terkait diharapkan agar dapat melakukan langkah-langkah pencegahan dan pembinaan, terhadap pedagang besar dan pengecer untuk tidak melakukan tindakan-tindakan curang dengan menjual ikan berformalin.

Komentar

Loading...