Bupati Shabela Buka Musrenbang RPJMD Aceh Tengah

IMG-20180425-WA0002

TOSKOMI.COM II Takengon - Untuk menyusun dokumen perencanaan daerah periode lima tahun, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui BAPPEDA menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2017-2022.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar di aula gedung DPRK setempat, Senin (23/4/2018).

Shabela dalam sambutannya mengharapkan kepada para Kepala SKPK di daerah itu untuk  merumuskan target kinerja selama 5 (lima) tahun kedepan dengan rasional dan mempertimbangkan kemampuan sumberdaya yang ada.

“Kami berharap kepada para kepala SKPK untuk menyusun  target kinerja 5 tahun kedepan 2017-2022, baik target kinerja utama seperti pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, inflasi, indeks pembangunan manusia dan lain-lain, maupun target kinerja program dari masing-masing SKPK agar disusun secara rasional dengan mempertimbangkan kemampuan sumberdaya yang dimiliki,” ujarnya.

Lebih lanjut Shabela mengatakan Musrenbang RPJMK Aceh Tengah yang dilaksanakan itu untuk mendapatkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan dengan tujuan mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara baik dan terarah.

“Nantinya setelah dibahas lebih mendalam dengan DPRK, rancangan RPJMK ini akan ditetapkan melalui Qanun Kabupaten Aceh Tengah yang pada gilirannya digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan daerah selama lima tahun kedepan, periode 2017-2022,” tambah Shabela.

Sementara Kepala Bappeda Aceh Tengah Arslan Abd Wahab menyebutkan penyusunan RPJMK Aceh Tengah tahun 2017-2022 sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 yang menetapkan bahwa paling lambat 6 bulan setelah pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih, Pemerintah Daerah harus sudah menetapkan RPJMD dalam bentuk peraturan daerah atau Qanun.

"Selambat lambatnya akhir bulan Mei 2018 nanti RPJMK Aceh Tengah harus sudah ditetapkan," ujar Arslan. (Mik/Ig)

Komentar

Loading...