Trimmer Interior Mobil asal Aceh Usung Motif Kerawang Gayo ke Ajang IIMS 2018

danish-kerawang-gayo_20180421_210600

TOSKOMI.COM II JAKARTA (21/04) Trimmer Interior Mobil asal Aceh, Danish Car Interior, kembali hadir pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Pameran otomotif berskala internasional ini berlangsung di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis sampai Minggu (19-29/4/2018).

Danish hadir sebagai bagian dari Asosiasi Trimmer Interior Mobil Indonesia atau Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS) yang bekerja sama dengan Blakledergroup, Total, dan Wollsdorf, produsen bahan kulit sintetis dan asli Germany dan Austria.

 

pada ajang IIMS kali ini IATS bersama produsen bahan kulit sintetis dan asli Germany dan Austria, memamerkan 10 karya yang menggunakan bahan premium bergaransi.

“Danish yang merupakan trimmer asal Aceh kembali mendapatkan kehormatan untuk menampilkan karya khas daerah pada ajang gelaran berskala international ini,” kata Afi.

Danish yang pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, memamerkan jok motif Pinto Aceh, kali ini mengusung tema “Kerawang Gayo”, yaitu pola motif jok yang terinspirasi dari kerajinan khas asal Aceh (khususnya Dataran Tinggi Gayo).

 

Kerawang merupakan sejenis perhiasan yang biasa dipasang pada pakaian tradisional Aceh, terutama di wilayah tengah dan tenggara.

“Perpaduan etnis dan modern dengan menggunakan kain asli Kerawang Gayo dipadukan dengan bahan memakai ArticoLeder made in Germany, khusus kami persembahkan mewakili masyarakat Aceh pada umumnya dan masyarakat Gayo pada khususnya. Lama pengerjaan untuk merampungkan konsep tersebut memerlukan waktu 2-3 hari," kata Afi yang menggunakan jok BMW E46 untuk modelnya.

Oscar Widjaja, founder sekaligus Ketua Umum IATS mengatakan, motif Kerawang Gayo dijadikan unsur utama, lantas polanya terinspirasi dari pakaian adat Gayo.

"Kita ingin menunjukkan bahwa kreasi setiap anggota IATS punya kualitas yang sangat baik dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa karya anak bangsa sudah sangat layak mendapatkan panggung di dunia international. Kali ini kami menonjolkan khas daerah dengan pengerjaan setara OEM (pabrikan) dengan menggunakan SNIATS (Standarisasi Nasional IATS®),” kata Oscar.

Konsep ini juga menunjukkan kreativitas para pengrajin interior di Indonesia punya standar kualitas yang bisa dibanggakan.

"Asosiasi ini juga dibangun lewat edukasi dan workshop, sehingga industri kreatif ini diharapkan semakin berkembang, kamipun memberikan terobosan-terobosan terbaik,” kata Oscar.

 

Ia menambahkan, pada ajang IIMS 2018, IATS juga meluncurkan aplikasi bagi para customer agar dapat memesan desain-desain interior mobil paling baru dengan SNIATS yang memungkinkan seluruh pengguna melakukan personalisasi interior kesayangan layaknya bawaan pabrikan.

“Dalam waktu dekat seluruh masyarakat di Indonesia akan bisa menikmati layanan aplikasi kami melalui seluruh member IATS® yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia,” papar Oscar.(Serambinews.com/D23)

Komentar

Loading...