Aceh Tengah Fokus Pembenahan Administrasi Dana Kampung

IMG-20180328-WA0000

TOSKOMI.COM II ACEH TENGAH (28/03/18) Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah serius melakukan pembenahan administrasi pengelolaan dana Kampung.

Hal tersebut ditunjukkan dengan pembinaan bagi 295 bendahara Kampung se Kabupaten Aceh Tengah dalam menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)

Kegiatan pembinaan yang berlangsung satu hari penuh itu, berlangsung di Gedung Olah Seni Takengon, Selasa (27/03) dan dihadiri langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar.

Menurut Shabela penggunaan aplikasi Siskuedes diharapkan menjadi jawaban dari sistem pengelolaan dana kampung yang selama ini relatif belum berjalan optimal.

"Memang sudah ada kampung yang baik dalam mengelola dana Kampung, tapi masih ada juga yang belum, karena itu diharapkan melalui Siskeudes, penyimpangan dalam pengelolaan dana kampung dapat dicegah dan berkurang," jelas Shabela.

Ditambahkan Shabela pihaknya akan terus berkelanjutan menggelar sosialisasi penggunaan dana desa agar manfaat dari kebijakan Pemerintah tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Aceh Tengah, Windi Darsa mengatakan pembenahan administrasi pengelolaan dana kampung membutuhkan pemahaman dan komitmen serta tanggung jawab aparat Pemerintah kampung.

"Aparat kampung mulai dari Reje, Banta dan Bendahara punya peran utama dalam pelaksanaan dana kampung, karena itu perangkat kampung harus paham dan punya komitmen yang kuat untuk mengelola dana kampung sesuai dengan perencanaan yang sudah sepakati," demikian Windi.(MK/D23)

Komentar

Loading...