Harga Tomat Anjlok, Petani Gayo Merugi

IMG-20171220-WA0033

TOSKOMI || Takengen, (201/12) Pedagang tomat pasar dalam menyikapi tirinya harga tomat yang mengalami penurunan secara drastis membuat para pedagang merasa kasihan kepada para petani tomat Gayo.

Harga tomat dipasaran kususnya di Takengon kini dijual dipasaran dengan harga 1500 sampai dengan 2500 rupiah per kilonya. Sedangkan harga yang harus di beli oleh pedagang pasar  dari petani mulai dari 500 sampai dengan seribu rupiah per Kilonya.

Salah satu penyebab anjoknya harga tomat di pasaran yaitu banyaknya para petani menanam tomat secara serentak dalam satu musim di berbagai daerah di Aceh khususnya, sehingga membludaknya petani menghasilkan tomat dalam sekala besar sehingga sulit untuk memasarkan dan terjadilah tidak keseimbangan pasar di antara pembeli dan dan penjual tomat di pasaran berdasarkan kebutuhan di kalangan masyarakat di Tanoh gayo. Ungkap (Alfitrah) pedagang tomat paya ilang.

Harapan Alfitrah kepada pemerintah setempat terutama kepada dinas perdagangan Aceh untuk menyikapi permasalahan ini dan memberikan solusi tepat untuk para petani dalam mendistribusikan hasil taninya, karena saya merasa kasihan kepada para petani tomat gayo yang banyak mengalami kerugian yang cukup besar. (Rel : Musdalifah sari rezeki ).

 

Komentar

Loading...