Jokowi Pamer PLTB

PLTB Wind Power Pertama Indonesia

43B89CDB-9E0E-4F23-B45B-A743F26E7042

TOSKOMI.COM|| JAKARTA (4/12/2017)- Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo memamerkan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

PLTB tersebut berasa diperbukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, nun di pelosok tengah Sulawesi Selatan. Demgan sekitar 200 kilometer dari Makassar.

Tiang-tiang yang meiliki tinggi 137 meter dengan rincian 80 meter tinggi tiang dan sisanya merupakan tinggi baling-balingnya.

Jokowi mengklaim PLTB ini yang pertama dibangun di Republik ini.

Tiang-tiang tersebut menggerakan turbin berkapasitas 2,5 Megawatt dengan total 30 puluh tiang sehingga total tegangan yang dihasilkan 75 Megawatt.

Potensi energi angin di negara ini 60,6 GW. Pemerintah mendorong adanya penggunaan energi baru terbarukan dari air, panas bumi, ataupun angin.

Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, PLTB pertama di Indonesia ini segera memasuki pembangunan tahap II. Adapun, PLTB Sidrap tahap I berkapasitas sebesar 75 MW dengan tarif US$0,11 per Kilowatt-Hour (KWh).

Sekadar informasi, PLTB ini rencananya memakan dana investasi sebesar US$150 juta dan dikerjakan oleh konsorsium UPC Renewables Asia I, UPC Renewables Asia III, Sunedison, dan Binatek Energi Terbarukan yang bernaung di bawah PT UPC Sidrap Bayu Energi. (SS)

Komentar

Loading...