Air “Sakti” Kagen Water Adalah Hoak

22121DE0-2E4B-489C-A67E-86FFA9DB533A

TOSKOMI.COM|| Jakarta (1/12/2017)- Klaim Kangen Water berkhasiar pada kesehatan dan behasiat menyembuhkan penyakit adalah omong besar.

Hal itu yang kiranya diterangkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lewat surat yang dibubuhi judul “BERITA ACARA PEMERIKSAAN” tertanggal 10 November 2017 lalu.

Surat tersebut secara eksplisit melarang produsen mesin Kangen Water PT Enagic Indonesia melakukan klaim hasil dari produknya dapat berkhasiat pada kesehatan, apalagi klaim dapat menyembuhkan penyakit.

Dan apalagi Kangen Water ternyata tidak memiliki izin edar menurut BPOM. Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) DKI Jakarta Dewi Prawitasari menyebut, produk air alkali yang dihasilkan mesin Kangen Water belum memiliki izin edar untuk diperjualbelikan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Produk airnya memang belum memiliki izin edar Badan POM. Belum ada pendaftaran juga," kata Dewi kepada Toskomi, Sabtu (25/11).

Izin yang selama ini diberikan Kementerian Kesehatan, kata Dewi, merupakan izin untuk mesin penghasil air alkali Kangen Water. Izin untuk mesin ini memang tidak melalui BPOM.

Senentara itu PT Enagic Indonesia seakan kebakaran Jenggot menanggapi keputusan pemerintah itu. Mereka meminta maaf atas kesalahan informasi tentang barang jualanya.

"Dengan isu yang viral ini kami dari pihak PT Enagic Indonesia pertama-tama mengucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat terutama kepada pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes),"Ucap Dirut PT Enagic Indonesia Toshinari Irei dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Dalam kesempatan itu pula Toshinari berkilah kalau perusahaanya mencual air “sakti” itu berbentuk air dalam kemasan. Toshinari mengaku hanya menjual mesin kanger water. Hal itu juga merupakan pelanggaran kode etik diperusahaanya.

Namun, yang terkait jual beli air dalam kemasan berlabel Kangen Water, dirinya menegaskan kembali bahwa itu bukan kesalahan perusahaannya. Irei memastikan bahwa perusahaan hanya menjual mesin Kangen Water. Ia juga menegaskan bahwa pelarangan menjual air tertera dalam kode etik perusahaan.

Tentunya Meminta Maaf kepada publik saja tidak cukup untuk pembohongan publik ini, ini bukti bahwa pengawasan untuk melindungi konsumen masih lemah dinegara ini.

Komentar

Loading...