Abuya Tegaskan Dayah Jangan Pernah Meminta-minta

IMG-20170728-WA0003

TOSKOMI.COM|| Redelong (6/10/2017) - Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Syarkawi melarang Dayah Bener Meriah untuk "meminta-minta".

Hal ini disampaikan Tgk. Syarkawi (Abuya) diruang kerjanya saat dua orang oknum Dayah dari yang mengaku dari salah satu dayah di daerah Aceh pesisir meminta sumbangan kepada orang nomor dua Bener Meriah tersebut.

Menurut Abuya, Dirinya sangat melarang Dayah-dayah di Bener Meriah untuk meminta sumbangan dari pintu ke pintu.

Abuya menambahkan disaat oknum dayah minta sumbangan dari rumah kerumah, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama menurutnya penghuni rumah tersebut memberikan sumbangan karena simpati, dan Kedua malah sebaliknya.

Untuk itu, demi menjaga marwah Dayah, dirinya melarang Dayah untuk tidak meminta-minta. Dan juga melarang oknum-oknum yang mengatas namakan Dayah untuk meminta dari pintu ke pintu, kantor ke kantor dengan maksud memperkaya diri dan mengkambing hitamkan dayah.

Abuya menyarankan agar Dayah-dayah tersebut mengusulkan kepada Pemerintah Daerah setempat dan mempergunakan dana ummat baik itu APBK maupun APBA agar martabat Dayah terjaga.

Dihadadapan Kedua oknum Dayah tersebut, Abuya juga menjeritakan suka dan duka saat dirinya membangun Dayah dengan beratapkan rumbiyah untuk pertama kalinya.

Setelah mendapatkan masukan dari Abuya, kedua Orang tersebut mengaku berterima kasih untuk atas masukan dari Abuya dan merasa sangat mendapat masukan yang luar biasa.

Dalam kesempatan itu, Abuya mengarahkan dua oknum dayah tersebut ke MPU Bener Meriah dan memberikan pesan untuk tidak mendatangi kantor-kantor pemerintah lagi. Tampak kedua oknum Dayah tersebut memasang muka terharu di hadapan Abuya.

Setengah jam kemudian, tim Toskomi.com mendapati kedua oknum Dayah tersebut terlihat masuk ke kelinik persalinan yang berjarak 1 KM dari kantor Bupati (ruang kerja Abuya). Dan setengaj jam kemudian, Kedua orang tersebut juga masuk ke Kantor KIP Bener Meriah dengan jarak 2 KM dari Kantor Bupati.

Saat dikonfirmasi kepada salah seorang staff kantor KIP tersebut, Staff tersebut mengaku bahwa kedua orang tersebut meminta sumbangan dengan alasan yang sama dengan alasan ketika dirinya bertemu Abuya. Astagfirullah (Z.80)

 

 

Komentar

Loading...