Warga Protes Pembangunan Hotel di Tamak Pinangan

Takengon Darurat Banjir

IMG-20170830-WA0018

TOSKOMI.COM || Takengon (30/8) Guyuran Hujan yang melanda Aceh Tengah sejak sore (29/8/2017) membuat berbagai drainase dan sungai meluap.

Kecamatan kebayakan contohnya menjadi sasaran dari air tersebut. Gunung Balohen misalnya menjadi sasaran empuk banjir. Ketinggian air mencapai 4 Meter.

Air yang datang dari saluran Paya Reje, pinangan, Mongal serta simpang empat tidak berbanding dengan volume sungai yang ada. All hasil luapan tersebut membanjiri kampung dan berdampak kepada 20 Keluarga.

Berbagai titik drainase juga meluap katakan Simpang Prumnas atau diruas Jalan Abd Wahab, jalan tersebut digenangi air dimana-mana.

Simpang rumah sakit juga menjadi amukan air. Drainase yang tidak lagi berfungsi optimal tidak mampu menyakurkan air ke wih mampak.

Menurut Tokoh Pemuda Kecamatan Kebayakan, Budiman Banyak faktor yang menyebabkan saluran hal tersebut terjadi. Pertama ada daerah tangkapan air yang sudah dialih fungsikan seperti Tamak Pinangan. Hal ini tentu akan mengurangi penampungan air didaerah tersebut.

Budiman juga menyangkan Pemerintah Kabupaten mengeluarkan IMB padahal berdampak cukup besar.

Salain itu menurutnya, selain IMB tersebut dikeluarkan, tidak diikuti oleh pembenahan drainase yang memadai. Budiman memberikan contoh misalnya, air yang dari mongal dan simpang 4 seharusnya langsung diteruskan ke sungai Uluh Kuning (wih mampak).

"kan lucu daerah dataran tinggi banjir" Ujar Budiman.

Ini membuktikan bahwa perencanaan drainase perkotaan Aceh Tengah amburadul.

Dilain hal, Pemerintah tampaknya sangat gencar dalam membangun drainase di Kecamatan lain. Di Jalan Sengeda contohnya proyek besar drainase tengah dikerjakan. Begitu juga du lemah burbana Kecamatan Bebesen.

Padahal lanjut Budiman, Kebayakan yang saat ini membutuhkan. Budimanjuga berharap agar Steakholders Aceh Tengah.Sementara Pihak BPBD Aceh Tengah melalui Sekertarisnya, Mauiza Uswa enggan memberikan komentar tentang penyebab banjir tersebut. (Z.80)

Komentar

Loading...