Rusia menyalahkan AS atas wabah ransomware

Vladimir-Putin-Presiden Rusia

TOSKOMI.COM || Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyalahkan serangan cyber yang melumpuhkan komputer pribadi dan perusahaan di seluruh dunia terhadap badan-badan intelijen AS.

Putin bersikeras bahwa alat yang digunakan oleh penjahat cyber telah ditemukan oleh AS, karena pakar keamanan cyber Rusia mengatakan bahwa Rusia termasuk di antara negara-negara yang paling parah terkena serangan tersebut. Ratusan ribu komputer telah dilaporkan terinfeksi oleh virus "WannaCry", dengan beberapa kritik menyalahkan badan intelijen AS.

Dalam sebuah posting blog, CEO Microsoft Brad Smith mengecam Badan Keamanan Nasional AS karena mengizinkan hacker mencuri teknologi yang memanfaatkan kerentanan komputer. Dia menyamakan insiden tersebut dengan "memiliki rudal Tomahawk yang dicuri.

"Putin, dalam sebuah kunjungan ke China, juga mengkritik badan-badan intelijen AS karena kehilangan kendali atas ciptaan mereka sendiri.

Dia mengatakan bahwa infrastruktur komputer Rusia tidak mengalami kerusakan serius, meskipun media Rusia melaporkan bahwa Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan dan Komite Investigasi terkena dampaknya.

Beberapa perusahaan mobile Rusia dan server dan situs kereta api Rusia dilaporkan juga mengalami gangguan jangka pendek.

Instansi pemerintah bertindak cepat untuk mengisolasi dan memblokir virus tersebut, namun pakar keamanan cyber khawatir ini tidak akan menjadi akhir dari serangan tersebut.Meskipun pemrogram berhasil memperlambat virus selama akhir pekan, penjahat cyber dilaporkan telah memecahkan kode mereka.

Dan guncangan lebih lanjut tidak dapat dikesampingkan, terutama di Rusia, di mana banyak perusahaan menjalankan perangkat lunak usang.

Sementara pakar keamanan cyber bekerja untuk penawar efektif untuk menangani virus tersebut, pertanyaan mengenai siapa yang berada di balik serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan apakah pemerintah di seluruh dunia dapat mencegah kejahatan serupa di masa depan tetap tidak terjawab. (Z)

 

Komentar

Loading...