Ingatkan Peran Indonesia, Presiden Jokowi Berharap Inisiatif ‘Belt and Road’ Dapat Diwujudkan

Presiden Jokowi saat tiba di Palu, Sulawesi Tengah, Senin malam

TOSKOMI.COM || Sulawesi (16/5) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kembali peranan Indonesia saat Jalur Sutra pertama kali berkembang. Saat itu, Indonesia memang dikenal sebagai kepulauan kaya rempah.

“Saya ingin mengingatkan bahwa di abad-abad di mana Jalur Sutra pertama kali berkembang, Indonesia saat itu dikenal sebagai kepulauan rempah, the Spice Islands,” kata Presiden Jokowi pada Konferensi Tingkat Tinggi The Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF), di Beijing, Tiongkok, Senin (15/5) kemarin.

Oleh karena itu, dalam visi infrastruktur One Belt One Road (OBOR) yang digagas oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Presiden Jokowi menginginkan agar Indonesia kembali memainkan peranan penting dalam inisiatif yang juga disebut sebagai Jalur Sutra baru tersebut.

“Indonesia dan Asia Tenggara harus kembali memainkan peranan yang penting dalam memasok bahan baku dan sumber daya alam yang kemudian diolah menjadi produk dan jasa,” tegas Presiden.

Untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis perniagaan dan bisnis di sepanjang Jalur Sutra baru, Presiden mengajak para kepala negara untuk bekerja sama dengan Indonesia dan Asia Tenggara dalam mengolah dan mengembangkan bahan baku industri dan pangan yang dimiliki.(Z)

Komentar

Loading...