Pemilihan Pahlawan pada Rupiah Desain Baru, Jokowi: Harus Dihormati

pemilihan-pahlawan-pada-rupiah-desain-baru-jokowi-harus-dihormati-z45scf7AOp

TOSKOMI.COM || JAKARTA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) secara resmi telah meluncurkan desain mata uang Rupiah terbaru. Pada desain terbaru ini, terdapat 12 gambar pahlawan nasional yang digunakan dalam mata uang ini.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa proses pemilihan nama-nama pahlawan ini harus dihargai dam dihormati. Pasalnya, proses ini telah melalui tahapan akademis dengan melibatkan para sejarawan.

"Ini kan sudah di lakukan proses melalui tim, sejarawan yang dalam waktu panjang. Jadi waktu masuk ke kita udah langsung bentuk jadi dan ada alasan-alasan yang memang proses itu kita harus hargai dan hormati," ujarnya di Kantor Pusat BI, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Seperti diketahui, sebelumnya telah diputuskan terdapat sebanyak 12 gambar pahlawan nasional akan diabadikan sebagai gambar utama dalam mata uang Rupiah yang akan diluncurkan. Hal ini sesuai dengan Keppres Nomor 31 Tahun 2016 tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian Rupiah kertas dan logam untuk mata uang RI.

Gambar pahlawan nasional yang diabadikan dalam mata uang tersebut adalah Presiden pertama RI Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dalam pecahan Rp100.000.

Gambar Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp50.000, gambar GSSJ Ratulangi (Sam Ratulangi) dalam pecahan uang kertas Rp20.000.

Pahlawan nasional Frans Kaisepo sebagai gambar utama bagian depan uang kertas pecahan Rp10.000. Gambar KH Idham Chalid pada uang kertas Rp5.000. Gambar Mohammad Hoesni Thamrin pada uang pecahan Rp2.000.

Serta gambar pahlawan nasional perempuan dari Aceh, Tjut Meutia pada yang kertas Rp1.000, gambar Mr I Gusti Ketut Pudja pada uang logam Rp1.000.

Gambar pahlawan nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang pada uang logam Rp500, gambar Dr Tjiptomangunkusumo pada uang logam Rp200 dan gambar Prof Dr Ir Herman Johannes pada uang logam pecahan Rp100.

(sumber ; okzone.com)

Komentar

Loading...