Kadis Perkebunan Aceh Tengah dan Bener Meriah Kena “HIPNOTIS” 4 Milyar Bibit Kopi G2 dari Binjai Lolos

gerak gayo

TOSKOMI.COM || Aceh Tengah (17/12) Lembaga Swadaya Masyarakat (LsM) GeRAK Gayo mempertanyakan anggaran 4 Milyar  pengadaan bibit kopi jenis arabika Varietas GAYO 2 yang berasal dari Binjai Sumatera Utara yang di salurkan dinas perkebunan aceh ke kelompok petani kopi di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Pengadaan barang dan jasa yang melalui Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) yaitu Dinas Perkebunan Provinsi Aceh telah melelang Pengadaan Bibit Kopi Arabica Siap Salur Pola Parsial ( Benen Meriah dan Aceh Tengah ).

Sementara jenis bibit kopi G2 yang disalurkan oleh Dinas Perkebunan Aceh sangatlah tidak sesuai dengan ciri ciri Varietas G2 yang telah dilepas sebagai kopi unggulan Nasional oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Dirjen Perkebunan yang disahkan dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 3999/ Kpts/ SR.120/12/2010 pada tanggal 29 Desember 2010.

Adapun Ciri ciri Varietas G2 adalah : Daun tua berwarna hijau tua, fokus berwarna coklat kemerahan,  Buah merah agak bulat dan berwarna merah muda, Agak tahan penyakit karat daun (hemeleia vastat rex, B et br ),  Mutu Fisik dan seduhan sangat baik.

Sementara Bibit kopi yang disalurkan dinas perkebunan aceh tersebut bersal dari perusahaan UD.MITRA TANAM yang beralamat di Binjai Sumatera Utara Medan, yang kita ketahui bahwa di binjai hanya ada perkebunan Sawit, kakau dan tebu. Atas dasar apa Dinas Perkebunan Provinsi Aceh merekomendasi bibit kopi Varietas GAYO 2 dari daerah Binjai SUMUT.

Sementara asal usul bibit kopi arabika Varietas G2 ini di temukan di Kabupaten Bener Meriah Kecamatan Banadar oleh Bapak Maisyir Aman Al di desa Jongok Meluem dan banyak petani kopi di bener meriah yang menggembangkan dan membudidayakan bibit kopi Varietas G2 tersebut.

Pengadaan bibit kopi Varietas G2 oleh Dinas Perkebunan Aceh ini menelan dana Rp 4 Milyar untuk kemudian bibit kopi tersebut di salurkan di Aceh Tengah  dan Bener Meriah, GeRAK Gayo hanya berharap agar Jaminan Mutu Kualitas Bibit Kopi Arabica Varietas G2 benar benar menehui standar kualitas agar bantuan pemerintah dapat bermanfaat buat petani kopi yang ada di bener meriah dan aceh tengah.

GeRAk Gayo dalam hal ini juga mempertanyakan kepada dinas perkebunan kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah perihal asal usul bibit kopi yang berasal dari UD.MITRA TANAM yang ber Alamat di Binjai SUMUT Medan ini apakah sudah sesuai kualifikasi jaminan mutu standar bibit kopi jenis Varietas GAYO 2 (G2). 

(Rilis)

Aramiko Aritonang

Komentar

Loading...