Perbandingan DPT Pilpres dan DPT Pilkada 2017 Aceh Tengah

Data perbandingan DPT Pilpres dan DPT Pilkada 2017

Toskomi.com || KIP Aceh Tengah telah menetapkan DPT (daftar pemilih tetap) untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan Bupati/Wakil Bupati Aceh tengah sebesar 130.528 Pemilih. Dari data tersebut terungkap bahwa ada peningkatan 4.8% pemilih atau sebanyak 6.094 pemilih.

(Baca juga: Ini Bocoran Daftar Pemilih Tetap Aceh Tengah)

Hasil tersebut berhasil terhimpun dari 14 kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Aceh Tengah. Dari data tersebut, Kecamatan Bintang meningkat tajam yakni 9.8% atau 613 Pemilih. Sejak berita ini di turunkan, Ketua PPK Bintang belum bisa dihubungi oleh Toksomi.com. Sementara Kecamatan Bebesen menyumbang penambahan DPT terbanyak yakni 1030 Pemilih atau 4.3% dari DPT Pilpres yang lalu.

Sementara dari 14 Kecamatan di Aceh Tengah hanya Kute Panang yang menurun jumlah pemilihnya yakni 112 atau menurun 2,3% dari Pilkada sebelumnya. Padahal diketahui Kecamatan kute Panang merupakan daerah yang rawan kecurangan apabila kita berkaca dari PILKADA sebelumnya.

Menurut Pengamat Politik Aceh Tengah Edy Linting.  KIP dan Panwaslih Aceh Tengah harus mengawasi DPT ini, karena menurutnya penetapan DPT oleh KIP sangat rawan untuk digugat.

"KIP dan Panwas harus mengawasi penetapan DPT dengan teliti, jangan sampai ada yang meninggal dunia juga masih ada hak pilih, sementara yang telah ber-umur 17 Tahun terhitung 15 Februari 2017 justru tidak mendapat hak pilih" ujarnya.

 

Komentar

Loading...