GmnI Sorot DPT Aceh Tengah

Asra tunjang

TOSKOMI.COM || TAKENGON, Ketua DPC GmnI Aceh Tengah, Asra AF memberikan komentar terkait penetapan DPT Aceh Tengah (baca: Ini Bocoran Jumlah Daftar Pemilih Tetap Aceh Tengah). Ditemui disela-sela kegiatan pengutipan dana kemanusiaan Gempa Pijay diseputran Kota Takengon, Asra menjelaskan bahwa hak mimih adalah hak konstitusional warga negara.

"Hak memilih dan dipilih adalah hak konstitusional warga negara indonesia yang telah dijamin oleh Undang-undang Dasar 1945, jadi tidak hak tersebut tidak boleh dirampas atau dikurangi oleh orang lain maupun instansi maupun lembaga manapun" ujarnya.

Pria yang berkulit hitam manis ini menjelaskan "Dalam Pasal 61 ayat (1) Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 dalam hal seseorang tidak terdaftar dalam DPT, yang bersangkutan dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan KTP Elektronik, artinya bahwa masih dibuka kesempatan bagi warga negara apabila menggunakan hak pilih sepanjang masih punya E-KTP".

Ditanya tentang masih adanya Pemilih pemula yang genap berumur 17 Tahun terhitung 15 Februari 2017 tapi belum punya e-KTP dan belum terdaftar dalam DPT beliau berharap Plt. Bupati Aceh Tengah mau menyingsingkan lengan baju agar hak tersebut terpenuhi.

"Plt. Bupati Aceh Tengah bisa saja mengkordinasikan KIP Aceh Tengah dengan Disdukcapil serta Dinas Pendidikan dengan diawasi oleh Panwaslih, karena sebahagian besar pemilih pemula itu berkaitan dengan sekolah SMA/sederajat. tentunya Dinas pendidikan memiliki data siswanya yang berpotensi sebagai pemilih, dan setelah terdata Disdukcapil segera merekam siswa-siswa tersebut dan segera mengeluarkan e-ktp/ surat keterangan. sementara Panwaslih bertugas mengawasi semua tahapanya" jelanya.

beliau berharap Pemilukada kali ini berjalan dengan demokratis tidak seperti Pemilukada sebelumnya. "harapan besar rakyat hari ini Penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah yang bersih, netral dan terbuka diiringi dengan meningkatnya kecerdasan masyarakat untuk memilih agar Pemilukada berjalan Langsung, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil sebagaimana amanat Peraturan Perundang-undangan terwujud" tutupnya. (AZ)

(baca juga:Perbandingan DPT Pilpres dan DPT Pilkada 2017 Aceh Tengah)

 

Komentar

Loading...