“Pantang Pulang Sebelum Padam”

img_7551

Toskomi.com || Aceh Tengah : Nasip keseharian Petugas Pemadam tak banyak orang peduli. 

Pemadam kebakaran, Branwir, PMK, atau damkar adalah petugas atau dinas yang dilatih dan bertugas untuk menanggulangi kebakaran. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran, juga dilatih untuk menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, dll.

Dinas pemadam kebakaran dan/atau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) adalah unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan masalah kebakaran dan bencana yang termasuk dalam dinas gawat darurat atau Rescue/(Penyelamatan) seperti Ambulans dan Badan SAR Nasional.

Para Pemadam Kebakaran dilengkapi dengan pakaian anti-panas atau anti-api dan juga helm serta boot/sepatu khusus dalam melaksanakan tugas, dan biasanya pakaianya dilengkapi dengan scotlight reflektor berwarna putih mengkilat agar dapat terlihat pada saat pelaksanaan tugas.

Pentingnya peran petugas pemadam kebakaran tentu banyak orang paham. Tetapi soal nasib keseharian mereka tak banyak orang peduli. Peristiwa kebakaran yang terjadi di sebuah tempat misalnya, dalam sekejap dapat saja meratakan kawasan. Dalam situasi seperti ini, warga memiliki harapan besar dipundak petugas pemadam kebakaran untuk mereka serta harta benda lainnya.

Perjuangan pemadam kebakaran menaklukkan api memang sangat berat. Bukan hanya api saja yang mereka hadapi. Seringkali, salah paham dengan warga setempat menambah beban kerja mereka. Keributan kerap terjadi antara petugas pemadam dan warga. Padahal tujuannya sama-sama memadamkan api.

Komentar

Loading...