Shabela Butuh Menteri Agresif dan Tidak Cengeng

81437091-ECF7-478A-8DF6-A30D850D5540

TOSKOMI.COM|| Editorial (24/12/2020)- Jabatan Sekertaris Daerah merupakan jabatan strategis dalam catur politik daerah. Tentu untuk pengisian posisi ini butuh kalkulasi yang matang. Jika kita ilustrasikan dengan catur, mungkin posisi sekda lebih mirip dengan Menteri.

Menteri adalah buah catur yang paling kuat. Menteri dapat bergerak baik vertikal, horisontal ataupun diagonal ke segala arah.

Belajar dari pengalaman 3 Tahun kepemimpinan Shabela Abubakar sebagai Bupati, tidak bisa dipungkiri bahwa minimnya jajaran yang mampu menginterprestasikan dan mengawal program maupun kebijakan sampai ke akar rumput menjadi masalah ditubuh pemerintah dibawah komando Shabela.

Apalagi minimnya orang-orang yang mau “pasang badan” menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi.

Shabela seperti bekerja sendiri. Semua masalah seolah-olah dihadapkan kepada orang nomor 1 Aceh Tengah tersebut. 

Seolah-olah Shabela dapat mudah diserang oleh siapapun karena posisinya selalu terbuka untuk diserang. Ironisnya para perwira SKPK dan Pengusaha-pengusaha yang mendapatkan kue merasa tidak sedikitpun bertanggung jawab atas kondisi yang ada.

Idealnya sebuah pemerintah yang baik diera terbuka dan demokrasi seperti ini adalah menyiapkan pertahanan yang baik.

Lihatlah posisi-posisi seperti jajaranan Kabinet Presiden Joko Widodo. Mereka seakan rela menjadi “tong sampah” segala macam persoalan bangsa ini. Tanggung jawab itu mereka ambil semata-mata karena mengamankan kebijakan pimpinan.

Untuk menjawab hal itu, tentu pilihanya harus tepat. Dibutuhkan kapasitas birokrasi yang matang, komunikasi yang baik, dan yang paling penting tidak cengeng.

Karena apalah arti sebuah kapasitas pribadi semata  kalau pada akhirnya menimbulkan pemerintahan yang kaku, ASN yang makin terkotak-kotak.

Shabela tidak butuh orang-orang yang hanya berjuang untuk dirinya pribadi. Apalagi tahun-tahun terakhir ini adalah masa-masa krusial, diamana Shabela akan menghadapi masa-masa perjuangan memenangkan Pilkada yang konon akan berlangsung 2022.

Komentar

Loading...