Mualem Berhentikan Renggali, Angkat Mustawa Cucu Tgk Ilyas Lebe Sebagai Plt Ketua PA Aceh Tengah

renggali-dan-mustawa

TOSKOMI.COM || BANDA ACEH - Ketua Umum Dewan Pimpinan Partai Aceh (DPA-PA), Muzakir Manaf alias Mualem, memberhentikan Ismuddin atau biasa disapa Renggali dari jabatan Ketua DPW-PA Aceh Tengah.

Sebagai gantinya, Mualem menunjuk Mustawa Agustina sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PA Aceh Tengah. Mustawa atau Tawa merupakan cucu dari Perdana Menteri GAM ke-2, Tgk Ilyas Leube.

Pemberhentian Renggali ini merujuk pada Surat Keputusan (SK) pengangkatan Tawa sebagai Plt Ketua. SK dengan nomor 124/KPTS-DPA/IV/2020 yang diterbitkan pada tanggal 3 April 2020.

SK itu ditandatangani H Muzakir Manaf selaku Ketua Umum dan H Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPA-PA.

Ada lima poin keputusan yang termuat di dalam SK tersebut. Poin pertama adalah mencabut surat keputusan DPA-PA sebelumnya Nomor 015/KPTS-DPA/VI/2018 tentang struktur dan susunan pengurus DPW-PA Aceh Tengah periode 2018-2023.

Berikutnya poin ke dua, berisi nama-nama yang ditetapkan sebagai Plt ketua, sekretaris, dan bendahara. Untuk Plt Ketua, nama yang ditetapkan Mustawa Agustina, Plt Sekretaris Bustamam, dan Plt Bendahara atas nama Bahtiar.

Selain itu juga memberi wewenang kepada pelaksana tugas untuk menjalankan roda organisasi partai sehari-hari dengan kewenangan sebagaimana diatur AD/ART partai.

Berikutnya pada poin keempat, disebutkan bahwa surat keputusan itu berlaku sejak ditetapkan hingga enam bulan ke depan, dan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan, akan diperbaiki seperlunya.

"Salinan keputusan ini disampaikan dengan hormat kepada Majelis Tuha Peut dan Majelis Tuha Lapan Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh," bunyi poin kelima.

Dijelas pula tentang pertimbangan atas keluarnya keputusan tersebut, salah satunya hasil rapat Majelis Tuha Peut, dan menimbang aspirasi kader DPW PA Aceh Tengah.

Pertimbangan berikutnya mengapa dilakukan penunjukan pelaksana tugas adalah untuk memastikan jalannya organisasi partai sehari-hari.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPA-PA, H Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak membenarkan adanya pergantian Ketua DPW-PA Aceh Tengah.

"Betul," kata Abu Razak singkat melalui WhatsApp. Namun ia tidak menjelaskan alasan dilakukannya pergantian tersebut.(Serambinnews)

Komentar

Loading...