Camat Lut Tawar Bak Patung Tang Tidak Miliki Gagasan Penanganan Sampah

Pemda Tidak Sediakan Kontener Sampah, Masyarakat Toweren Buang Ke Pinggir Danau

IMG-20200327-WA0000

TOSKOMI.COM || Aceh Tengah - Pencemaran lingkungan danau lut tawar semakin hari terus meningkat, masyarakat kampung toweren selama ini membuang sampah langsung ke danau  lut tawar, tindakan ini jelas merusak keberlangsungan ekosistem danau lut tawar yang menjadi sumber air sebagian masyarakat kabupaten aceh tengah.

Pantauan toskomi.com sampah yang dibuang masyarakat beragam jenis, mulai dari sampah rumah tangga, hingga pampers bayi, ini sangat berpengaruh terhadap produksi ikan di danau lut tawar yang setiap tahun jumlah produksinya terus menurun.

Reje kampung toweren toa saat di konfirmasi toskomi.com mengatakan dirinya dan masyarakat toweren toa sebenarnya tidak ingin seperti itu, ia juga mengatakan banyak orang yang membuang sampah menggunakan mobil
Langsung ke danau lut tawar,

Pihaknya juga sudah sering memberikan peringatan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke danau, tapi masyarakat tidak menghiraukan himbauan tersebut, dirinya menambahkan sudah sering meminta permohonan kepada pemerintah untuk mengadakan tong sampah skala besar di kampungnya melalui musrembang tingkat kecamatan tapi sampai sekarang tidak pernah terealiasasi.

Terpisah toskomi.com juga menghubungi reje toweren antara, dirinya membenarkan bahwa seluruh masyarakatnya toweren yang membuang sampah disana, ia menambahkan masalah sampah ini memang menjadi polemik di setiap kampung.

Dirinya mengatakan sudah sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah ini, dan masalah ini sudah di biarkan bertahun tahun oleh pemerintah, harusnya pemerintah kabupaten memantau hulu air dan dimana pola pembuangan sampah yang tidak baik. Harusnya dari dulu pemerintah bertindak. Dirinya juga kecewa terhadap masyarakatnya dimana danau lut tawar menjadi tempat mengais rezeki tapi dirinya juga yang mencemari tutupya.

Komentar

Loading...