Intip Pembuatan Hand Sanitaizer Di Aceh Tengah

E28B3B59-68E3-49CF-B817-E0E01F818CD2

TOSKOMI.COM|| Takengon (22/3/2020)- Masa-masa krisis corona disebuah ruangan laboratorius sekolah SMA Negeri 1 Takengon terlihat ada aktivitas selusin mata manusia.

Diatas meja terdapat puluhan botol cairan  kimia. Menurut pantauan kami ada puluhan botol Alkohol, satu botol besar glycerol dan bebrapa botol H2O2 serta tumpukan kotak Aquades.

Dimeja yang lainya terdapat beberapa tabung kaca persis seperti laboratorium yang sering kita tonton.

Rombongan kami disambut oleh 3 Orang Wanita yang kemudian diketahui berasal dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI Pengurus Cabang Aceh Tengah) lengkap dengan hand gloves dan masker. 

Ketua IAI PC Aceh Tengah, Susi endar maidesi S, Farm, Apt kepada toskomi.com menjelaskan bahwa aktivitas tersebut pembuatan Hand Sanitaizer yang akan dibagikan kepada masyakat.

Susi juga menjelaskan kegiatan mereka ini berkat adanya kerjasama bersama Pemerintah Aceh Tengah setelah Pemkab Menggandeng IAI PC Aceh Tengah dalam upaya pencegahan pendemi Covid-19 atau Virus Corona.

Kata Susi target Hand Sanitaizer yang dibuat diperkirakan akan selesai kamis (22/3) mendatang. 

Saat ditanya mengenai komposisi dari Hand Sanitaizer tersebut, susi mengatakan bahwa komposisi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh WHO.

Adapun Formula yang digunakan dapat dilihat dalam gambar berikut:

Formula Hand Sanitaizer

Pantauan Media ini, Hand Sanitaizer yang telah berhasil diracik sebelumnya dilakukan test terhadap tangan selama beberapa menit agar tidak menimbulkan efek gatal atau iritasi pada kulit tangan. Dan setelah berhasil, cairan tersebut kemudian dibubuh kedalam botol dengan bahan plastik. [Ahlaz Zikri]

Komentar

Loading...