TKA Cina di Gayo Linge Tidak Di Ketahui Pihak Kecamatan, Benarkah Cina Selalu Membangkang…?

Screenshot_20200206-165010_Facebook

TOSKOMI.COM || TAKENGON – Keberadaan para Tenaga Kerja Asing (TKA), tidak terdeteksi oleh pihak kecamatan. Pasalnya, perusahaan penyedia kerja bagi pekerja asing tidak berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

Sehingga tidak mengetahui secara detail jumlah mau pun sudah berapa lama TKA tersebut, berada di Kecamatan Linge.

Hal itu diakui Camat Linge, Win Akbar, Kamis (6/2/2020). Ketika dimintai tanggapannya, soal adanya sejumlah TKA asal China yang bekerja di dua perusahaan getah damar di kawasan Kecamatan Linge.

“Kami tidak tahu persis, berapa lama dan berapa orang pastinya para pekerja TKA asal China yang ada di kecamatan ini,” kata Win Akbar.

Masalahnya, lanjut Win Akbar, pihak perusahaan tidak pernah berkoordinasi mau pun memberikan laporan kepada pihak kecamatan. Alhasil, tidak terpantau aktivitas yang dilakukan oleh para pekerja asing ini.

“Alasannya mereka, sudah berkoordinasi dengan pihak kabupaten dan instansi terkait. Makanya, mereka tidak lagi berkoordinasi dengan kecamatan,” ucap Win Akbar.

Kurangnya koordinasi tersebut, lanjut Win Akbar, membuat pihak kecamatan tidak mengetahui secara detail jumlah mau pun aktivitas yang dilakukan oleh TKA di wilayah Kecamatan Linge.

“Nanti kalau ada apa-apa, pasti muspika dulu yang turun tangan. Contohnya seperti masalah pemeriksaan kesehatan kemarin, kami baru tahu kalau ada TKA asal China di sini,” ungkapnya.

Untuk itu, Win Akbar berharap perusahaan-perusahaan yang membawa TKA untuk bisa juga menyampaikan laporan kepada pihak kecamatan. Agar mempermudah dalam berkoordinasi serta mengawasi aktivitas TKA di daerah itu.

“Dampak lain, pasti masyarakat di kawasan ini dulu yang merasakan. Makanya, kami harap tidak mengganggap remeh koordinasi dengan pihak kecamatan,” harap Win Akbar. (Serambinews)

Komentar

Loading...