Mukhlis Komisioner KIP di Laporkan Erwin Ke DKPP RI

PhotoGrid_1572843130914

TOSKOMI.COM|| Takengon - Pemilihan Umum serentak telah berakhir, namun ternyata Pemilu 2019 meninggalkan luka yang membekas. Bagaimana tidak ternyata penyelenggaraan pemilu diselimuti dugaan pelanggaran etik.

Erwin, salah satu Calon Anggota DPRA Dapail 4 dari Partai Aceh secara resmi melaporkan Muklis yang tidak lain merupakan Anggota Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tengah.

Aduan tersebut diregistrasi perkara 342 -P/L-DKPP/X/2019 yang telah diverivikasi materil pada 23 Oktober 2019.

Kata Erwin kepada Media ini (2/11/2019) bahwa Mukhlis dilaporan atas dugaan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu karena telah menerima sejumlah uang dan komitmen penambahan sejumlah suara.

Erwin membeberkan telah bertemu dengan Muklis diberapa tempat yakni Banda Aceh di Bulan Februari 2019 dan di salah satu rumah di Takengon. Dalam pertemuan tersebut juga terlibat salah satu Oknum mantan penyelenggara pemilu dengan inisial H.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Muklis dan H kemudian mempertemukan Erwin dengan 12 Panwascam diwilayah kerja Aceh Tengah dengan kesepakatan persuara di bayar Rp. 50.000. Dengan ketentuan apabila suara tidak muncul uang tersebut dikembalikan.

Erwin juga membeberkan transaksi dilakukan melakui 3 tahap dengan metode pembayaran langsung (cash) dan sebagianya lagi di transfer. Terakhir penyetoran dilakukan di rumah H.

Erwin juge mengklaim telah mengantongi bukti transfer dan juga bukti-bukti lainya. (E1)

Komentar

Loading...