Dua Rekanan Juga Ikut di Tahan Kejati Sumut

Kejati Sumut Tahan Mantan Kepala Bandara Rembele, Kerugian Negara 14 Milyar Lebih

IMG-20191030-WA0024

TOSKOMI.COM || MEDAN - Kejati kembali menahan tersangka dari Dirjen Kementrian Perhubungan RI atas korupsi UPBU Lasondre Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan senilai Rp 14,75 miliar, Rabu (16/10/2019).

Terdakwa bernama Ibrahim Khairul Iman (51) selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada paket pengerjaan peningkatan PCN Runway, Taxiway dan Apron UPBU.

"Peran tersangka sebagai Kuasa Pengguna Anggaran yang menanda tangani seluruh kegiatan dan pencairan Anggaran sesuai Tugas dan Fungsinya," terangnya.

Sumanggar juga menjelaskan bahwa tersangka juga menerima keuntungan atas proyek tersebut. "Jadi tersangka ini juga telah menerima fee proyek yang merugi hingga Rp 14,75 miliar itu," cetusnya.

Amatan Tribun, Tim penyidik Pidsus telah memeriksa Ibrahim yang mengenakan kemeja biru sejak pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB di ruang penyidik.

"Hingga akhirnya disimpulkan untuk dilakukan penahanan terhadap atas kasus korupsi Runway, Taxiway dan Apron di Unit Penyelenggara Bandar Udara Lasondre Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan," tutur Sumanggar.

Ia menjelaskan bahwa kronologi kejadian terjadi pada Tahun Anggaran 2016 dimana UPBU Lasondre Kecamatan Pulau-Pulau Batu mengadakan kegiatan Pekerjaan Peningkatan PCN Runway, Taxiway, Apron dengan AC-Hotmix termasuk marking volume 45.608 Meter2.

"Dimana awal semula pagu anggarannya adalah sebesar Rp 27 M yang bersumber dari APBN Kemenhub RI," jelasnya (Tribun Medan)

Sebelumnya Khairul Iman sempat ditugaskan menjadi Kepala Satuan Kerja dan Kepala UPBU (Unit Pelayanan Bandar Udara) kelas III Rembele, dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2013 Khairul Iman diangkat sebagai Kepala Satuan Kerja Bandar Udara Rembele Kabupaten Bener Meriah.

Sekitar tahun 2015 Khairul Iman berpindah tugas ke Balikpapan sebagai kepala sub bagian Tata Usaha Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, kemudian pada bulan Agustus pada tahun 2015 diangkat lagi menjadi Kepala UPBU Lasondre Pulau Batu Nias Selatan sampai dengan tahun 2019.

Komentar

Loading...