Aliansi Mahasiswa Gayo Tuntut Perpu KPK dan Batalkan Sejumlah RUU

A71C8323-BA57-43ED-BB7D-9859E5F84818

TOSKOMI.COM|| Takengon (29/9/2019)- Ratusan mahasiswa yang terdiri dari berbagai kampus di Aceh Tengah dan Bener Meriah menggelar aksi menolak berbagai Rancangan undang undang di kantor DPRK Aceh Tengah (30/9/2019).

Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Mahasiswa Gayo tersebut terdiri dari DEMA STAIN Gajah Putih, PEMA UGP, HIMATERA, HIMASYA, STIHMAD, STIKES dan Organisasi Kemahasiswaan seperti HMI, GmnI, IMM melakukan aksi dengan 7 tuntuan.

Tuntuan Aliansi Mahasiswa Gayo diantaranya:

  1. Mendesak Presiden mengeluarkan Perpu Terkait UU KPK.
  2. Tolak Segala UU yang melemahkan Demokrasi
  3. Tolak TNI dan Polri menempatu Jabatan Sipil
  4. Bebaskan Aktivis Pro Demokrasi
  5. Hentikan Militerisme Di Tanah Papua
  6. Tuntuaskan Pelanggaran HAM, Adili Penjahat HAM.

Demontrasi berlangsung di Gedung DPRK Aceh Tengah, massa aksi sempat melakukan long march mulai dari GOS ke bundaran simpang lima dan berakhir di DPRK.

Demontrasi menarik perhatian warga sekitar, arus lalu lintas sempat dialihkan sementara.

Demonstrasi dilakukan dengan cara berorasi mengunakan pengeras suara, beberapa orator terlihat bergantian satu sama lain dalam penyampaian pendapat. Dalam orasinya Mahasiswa menilai DPR telah melakukan pelemahan terhadap KPK, dan mahasiswa juga menganggap RUU KUHP, UU Pertanahan, UU Minerba dan sederet RUU lainya ngaur.

Aksi disambut oleh Ketua  Sementara, Samsuddin dan sejumlah anggota DPRK Aceh Tengah.

Lewat dialog yang alot, Dewan. Sepakat akan melangkan surat atas mosi tak percaya mahasiswa yang ditujukan kepada Presiden dan DPR-RI.

Aksi serupa juga telah bergulir di banyak wilayah republik indonesia tidak terkecuali di Provinsi Aceh. Tercatat gelombang perotes juga sudah berlangsung di Banda Aceh, Lhoksemawe, Aceh Barat.

Massa diamankan Polisi Berpeci

Ada yang beda dari pengamanan demontrasi hari ini, tak seperti hari biasa polisi memakai seragam lengkap dengan pentungan, perisai dan pelindung kepala. Namun pemandangan berdeda tampak hari ini. Ratusan massa diamankan polisi yang memakai peci/ kopiah putih. 

Suasana sejuk menyelimuti aksi yang berlangsung damai tersebut.

Siswa SMA Ikut Diluar Pagar

Menurut pantauan media ini, terdapat puluhan siswa yang mencoba masuk kedalam barisan massa. Namun berbagai pihak tidak memperbolehkan mereka masuk kedalam barisan sehingga para siswa tersebut menyaksikan aksi diluar pagar DPRK. [Az]

Komentar

Loading...