IDI Aceh Tengah Gelar Baksos dan Sunat Massal di Bintang

DC22A4E5-50DB-475E-A787-945BDA3B2088

Peringati Hari Bakti Ke 111, IDI Cabang Aceh Tengah Gelar Baksos Dan Sunat Massal

Takengon - Peringati Hari Bakti Dokter Indonesia (IDI) yang ke 111, IDI Cabang Aceh Tengah menggelar serangkaian kegiatan di Puskesmas Bintang, Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. 

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar turut hadir dalam bakti sosial yang di laksanakan Ikatan IDI Sabtu (21/9/2019).

"Ia menyampaikan rasa terimaksih kepada IDI yang sudah mengelar kegiatan sunat masal di Kecamatan Bintang, Bupati juga berharap kedepanya bisa terlaksana di Kecamatan lain untuk membantu masyarakat yang ada di Aceh Tengah".

Hal senada di sampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr.Adlin Herry Sp.PD,KGEH FINASIM, kepada wartawan menyebutkan adapun rangkaian kegiatan yang kami laksanakan bertempat di Puskesmas Bintang, Aceh Tengah. Program yang kami laksanakan ialah Sunat Masal, Pelayanan Dokter Spesialis untuk masyarakat. Tambahnya

Dr Adlin Herry juga mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial para dokter dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke 111 tersebut juga melibatkan sejumlah organiasi lain diantaranya PPNI, IBI, termasuk Dinas Kesehatan setempat.

"Ia mengatakan ada tiga penyakit utama yang harus di brantas di Aceh Tengah dan ini merupakan program dari dinas kesehatan yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia IDI, adapun penyakit yang harus di brantas ialah HIV, Sipilis Dan Hepatitis".

Selain itu kata Ketua IDI. Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), cabang Aceh Tengah ikut juga mengisi rangkaian acara dalam program IDI tersebut, dengan program memberi pelayanan makanan tambahan untuk bayi yang ada di Kecamatan Bintang, serta melakukan penyuluhan tentang bagaimana tata cara memberikan pelayanan yang baik untuk anak anak usia balita. 

Di kuatkan lagi oleh Ketua pelaksana kegiatan yang di gelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Yunasri mengatakan, 

"Semua dokter spesialisnya kita bawa, ikut andil, ikut terlibat dalam kegiatan ini. Agar seluruh masyarakat di Kecamatan Bintang ini yang punya keluhan penyakit bisa kita screening, apakah memang masih layak kita obati di sini. Tapi kalau nanti sudah tidak layak kita obati di sini, maka ini pasien nanti bisa kita rujuk ke rumah sakit," ujarnya.

Yunasri menambahkan setidaknya ada 8 dokter spesialis di bidangnya yang ikut memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam kegiatan tersebut.

"Ada spesialis penyakit dalam, ada spesialis anak, bedah, kandungan, mata, syaraf, patalogi klinik, dan THT," sebut Yunasri.

Lanjutnya, keluhan penyakit yang paling banyak ditemui dalam kegiatan tersebut adalah penyakit dalam seperti batuk, pilek, dan hipertensi.

"Kalau pada anak, itu Ispa. Ini rata-rata," kata Yunasri.

Yunasri mengaku kegiatan bakti sosial tersebut mendapat respon antusias dari seluruh masyarakat di Kecamatan Bintang.

Ketua pelaksana juga menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah Aceh Tengah yang sudah mendukung penuh kegiatan yang kami laksanakan hari ini yang bertempat di Bintang. 

Adapun kegiatan yang kami gelar tersebut, turut di hadiri, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Kepala dinas Kesehatan, Jayusman, Ketua IDI Indonesia, Dr.Adlin Herry Kapolsek Bintang, Akup, serta Camat Bintang, Dan seluruh Dokter Aceh Tengah yang hadir dalam acara tersebut. 

Dr. Yunasri selaku Ketua panitia  pelaksana mengatakan, rangkaian bakti sosial yang digelar ini semata-mata untuk meningkatkan kepedulian kami sesama, serta sekaligus bakti sosial kami kepada masyarakat serta ini sudah menjadi agenda tahunan kami dari IDI.

“Kegiatan ini insya Allah selalu kita laksanakan setiap tahun. Apalagi seperti yang di katakan Bupati Aceh Tengah, Bupati berharap dalam setahun ada tiga kali kegiatan seperti ini di adakan di kecamatan yang jauh dari perkotaan yang ada di Aceh Tengah, dan ini akan menjadi pr kami kedepan kata Dr.Yunasri", 

"Harapan kami kata Ketua pelaksana Dr. Yunasri semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat, dengan nada semangat” ungkapnya

Kegiatan ini kami usung dengan tema “Dokter Bersama Rakyat ”, yang dilaksanakan di Puskesmas Bintang yang berlangsung satu hari. [Se]

Komentar

Loading...