TP-PKK Aceh Tinaju langsung Pengobatan Gratis di Kecamatan Mesidah

FB_IMG_1562923663790

TOSKOMI.COM || REDELONG - Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Ny. Dyah Erti Idawati didampingi Oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Ny. Puan Sabela Abubakar beserta rombongan meninjau langsung pengobatan gratis di desa Cemparam Jaya Kecamatan Mesidah Kabupaten Bener Meriah, Kamis, 11/7/2019.

Kedatangan TP-PKK Provinsi Aceh beserta rombongan disambut langsung oleh Camat Mesidah Ismail, SE, Kapolsek serta unsur Muspika lainnya dengan acara tepung tawar sebelum menuju tempat acara yang telah dipersiapkan oleh panitia kecamatan.

Dalam acara pengobatan gratis tersebut Camat Mesidah Ismail, SE dalam laporannya menyampaikan, Ucapan terima kasih Kepada Ketua TP-PKK Provinsi karena sejak dimekarkan dari Kecamatan Syiah Utama baru kali ini Kecamatan Mesidah dikunjungi langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi yang juga merupakan Ibu Plt. Gubernur, Kecamatan Mesidah yang terdiri dari 15 Kampung, dimana menurut Kementrian Desa Daerah Tertinggal Kecamatan Mesidah masih termasuk kategori Daerah tertinggal, papar Camat Mesida Ismail, SE.

Camat Mesidah juga mengungkapkan, beberapa tahun belakangan ini ada suatu penyakit dimana dari tahun ke tahun semakin meningkat khususnya penyakit ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sampai sa’at ini sudah terjadi 21 kasus yang sudah kita temukan di Kecamatan Mesidah, makanya setiap tahun kami bersama Bapak Kepala Puskesmas mendorong seluruh masyarakat untuk berperan aktif bagaimana caranya untuk menekan penyakit ODGJ ini, mungkin di Kecamatan Mesidah inilah selalu setiap tahunnya di adakan acara Hari ODGJ, jelas camat Mesidah.

“Karena Mesidah masih daerah terpencil, tentunya sarana dan prasarana kesehata sudah jelas belum memadai dan selain itu masaalah tranportasi dari kampung ke kampong juga cukup memakan waktu yang cukup lama bahkan sampai setengah jam, makanya dalam kesempatan ini kami sangat berharap kepada pemerintah Privinsi melalui Ibu Plt. Gubernur dan juga masaalah Sinyal Telekomonikasi, mungkin dari 10 Kecamatan yang ada di Bener Meriah, Kecamatan Mesidah ini yang belum terjangkau semua desa oleh senyal komunikasi, makanya bapak Bupati terus memberikan dorongan supaya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, tegas Ismail.

“Tanaman kopi dikecamatan mesidah menyumbang komoditi tertinggi dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bener Meriah ini”, tambah Ismail, SE.
Ny. Dyah Erti Idawati selaku Wakil Ketua TP-PKK Provinsi yang juga isteri dari Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberikan arahan dalam pengobatan missal secara gratis tersebut menyampaikan, hari ini kita melaksanakan program pengobatan gratis yang dihadiri oleh beberapa Dokter Spesialis, kata Ny. Dyah Erti Idawati mengawali sambutannya.

“Mengenai adanya tendensi adanya gangguan kejiwaan, untuk lebih dalam lagi saya mohon diteliti, apakah ini factor genetic atau apakah factor kopi , tapi saya yakin bukan karena itu, karena kopi memiliki zat-zata bagus untuk kesehatan “, kata Ibu Plt. Gubernur sambil tersenyum yang disambut oleh gelak tawa oleh para hadirin yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya langsung beri masukan kepada ibu Ketua TP_PKK Kabupaten/Kota sebagai pendamping dari Bapak Bupati dan Wali Kota, yang langsung dan bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakannya, dan kepada TP-PKK mulai dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan bahkan samapi ke desa-desa, mari kita bersama-sama bahu membahu untuk meajukan daerah kita”, demikan ajakan ibu Plt. Gubernur .

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Aceh Dr. Hanif juga meberikan laporan diantaranya, bahwa program pengobatan daerah terpencil ini merupakan program rutin dari dinas kesehatan Aceh, dan pada hari ini kita laksanakan di Kecamatan Mesidah Kabupaten Bener Meriah, dan dilanjutkan di Samar Kilang, dan dalam melaksanakan kegiatan ini kita melibatkan Tim Dokter dari Rumah Sakit Zainul Abidin dan Tim Dokter dari Rumah Sakit Bener Meriah, jadi Dokter Spesialisnya kombinasi dari Ruma Sakit Umum Zainul Abidin dengan Rumah Sakit Bener meriah, lapor Kadiskes Aceh.

“Masyarakat yang kita layani ini adalah masyarakat yang jauh dari akses, terutama dengan penngobatan spesialistik, jadi masyarakat Mesidah kita anggap agak jauh dari Rumah Sakit Muyang Kute, kemudian kami juga memberikan edukasi dan informasi-informasi kepada masyarakat tentang kesehatan mengenai cara-cara hidup sehat, Pungkas Dr. Hanif.

Adapaun Dokter Spesialis yang diterjukan dalam pengobatan gratis tersebut diantaranya, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis THT, Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Gigi, Dokter Spesialis Umum, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dokter Spesialis Obgyn dan Dokter Spesialis Kandungan,

acara pengobatan gratis tersebut mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat setempat ini terlihat dari banyaknya masyarak yang datang berobat atau berkonsultasi dengan dokter Spsialis yang ada.
(Rilis)

Komentar

Loading...