Anwar Syamsuddin Tokoh Perintis Jagong Jeget Meninggal Dunia

2BD0A3AA-1E75-42C3-A89B-E919AB5F0525

TOSKOMI.COM|| Takengon (18/2/2018)- Rakyat Gayo khusunya Masyakat Jagong Jeget beduka. Pasalnya tokoh perintis Jagong Jeget, Anwar Syamsuddin berbulang ke Rahmatullah.

Anwar Syamsuddin menghembuskan nafas terakhir diusia 65 tahun. Anwar Syamsuddin meninggal minggu (17/2/2018) pukul 15:30 Wib di Kampung Jagong.

Anwar Syamsuddin dikenal masyarakat sebagai tokoh perintis Jagong Jeget yang merupakan daerah transmigrasi sampai akhirnya dimekarkan dari Kecamatan Linge Midio 2005-2006.

Bersama-sama dengan rombongan transmigran pertama dengan jumlah 52 Kepala Keluarga dari Kabupaten Cilacap Jawa Tengah yang dipimpin Alm. Tgk H Chusain Turmudzie pada Februari 1982 menginjakan kakinya dan menjadi penduduk "Al-Muhajjirin" di Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) 1 Jagong Jeget.

Hingga kemudian menyusul rombongan transmigran dari Banjarnegara, Jogjakarta, Pekalongan, Magelang, Jepara, Klaten, Boyolali dan Solo (Surakarta). Berbaur juga transmigran lokal yang merupakan penduduk asli Aceh Tengah.

Jagong Jeget berkembang pesat seiring dengan giatnya penduduknya yang mayoritas bertani kopi dan penuh kebersamaan membangun wilayah bagian barat Linge itu. Kemudian bersama UPT Atu Lintang menjadi Kecamatan.

Anwar Syamsuddin juga pernah menjadi Kepala Desa beberapa 2 periode di Jagong Jeget setelah desa tersebut definitif (mandiri). Sebelumnya, Kepala Desa Jagong Jeget adalah Widarno HS dan Samilun. Pada masa Anwar Syamsuddin, Jagong mekar menjadi beberapa kampung seperti Jeget Ayu, Paya Tungel. Dan setelahnya mekar lagi Kampung Bukit Sari, Bukit Kemuning dan Paya Dedep. 

Perkembangan yang cukup pesat di berbagai bidang seperti ekonomi masyarakatnya, pendidikan dan lainnya bersama desa-desa lain seperti Gegarang, Berawang Dewal dan Merah Said,  membuka peluang wilayah tersebut menjadi kecamatan seiring dengan aspirasi masyarakatnya.

Anwar Syamsuddin merupakan satu di antara tokoh yang gigih memperjuangkan aspirasi pemekaran kecamatan Jagong Jeget. Dan Alhamdulillah direspon pemerintah hingga tahun 2006 terwujudlah kecamatan Jagong Jeget.

Meninggalnya Anwar Syamsuddin tepat saat jajaran pemerintah kecamatan Jagong Jeget dan tokoh-tokoh masyarakat sedang mempersiapkan perayaan hari jadi Jagong Jeget yang ke 37. Beliau meninggalkan 5 (orang) putra dan putrinya.yang sudah berhasil menyelesaikan pendidikannya. Kini ke-5 nya sudah yatim piatu.

Pemenuhan 4 (empat) kewajiban terhadap jenazah almarhum pada hari Senin, 18 Februari 2019 dihadiri oleh segenap komponen masyarakat, unsur Muspika, dan juga hadir tokoh dari Kabupaten. Mantan Bupati Aceh Tengah Ir H Nasaruddin MM juga nampak ikut menshalatkan almarhum.

Selamat jalan Pak Anwar, semoga Allah Swt menerima amal ibadah bapak semasa hayatnya, mengampuni dosa dan kesalahan bapak dan mendapat tempat yang layak di sisi Allah Swt. Semoga jejak perjuangan bapak menginspirasi kami semua... Aamiin. [Mahbub/rel]

Komentar

Loading...