Panwaslih Aceh Tengah Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

Vendio Ellafdi Ketua Panwaslih Aceh Tengah

TOSKOMI.COM|| Takengon (28/12/2018)- Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Aceh Tengah membuka pendaftaran Pemantau Pemilihan Umum Tahun 2019 di wilayah Kabupaten Aceh Tengah.

Ketua Panwaslih Aceh Tengah, Vendio Ellafdi penerimaan Pemantau Pemilu tersebut sesuai dengan perintah ketentuan Pasal 435 Ayat (7), Pasal 439 Ayat (6) dan Pasal 447 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Mengenai syarat kata Vendio, Pemantau pemilu harus memenuhi 4 (empat) syarat yaitu: Berbadan hukum yang terdaftar pada Pemerintah atau pemerintah daerah, Bersipat Independen, Mempunyai sumber dana yang jelas dan Terakreditasi pada Panwaslih Provinsi Aceh atau Panwaslih Kabupaten/ Kota sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya.

Sedangkan kata Vendio, tahapan akreditasi pemantau pemilu memiliki 3 (tiga tahapan) yakni: Pendaftaran, penelitian administrasi dan Akreditasi.

Tatacara Akreditasi pemantau pemilu nantinya kata Vendio, Calon Pemantau pemilu terlebih dahulu mengajukan permohonan untuk melakukan Pemantauan Pemilu kepada Panwaslih Provinsi Aceh dan/atau Panwaslih Kabupaten/Kota untuk mendapatkan Akreditasi Pemantauan Pemilu.

Kemudian Kata Vendio, Calon Pemantau Pemilu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan dengan ketentuan bagi Pemantau Pemilu daerah provinsi, permohonan disampaikan kepada Panwaslih Provinsi Aceh dengan ketentuan wilayah pemantauan paling sedikit di 2(dua) Kabupaten/Kota. Sedangkan bagi Pemantau Pemilu daerah Kabupaten/Kota, permohonan disampaikan kepada Panwaslih Kabupaten/Kota.

Formulir yang diserahkan, kata Vindio dengan kelengkapan administrasi;

  1. Akta pendirian dan anggaran dasar/anggaran rumah tangga atau sebutan lain;
  2. Profil organisasi/lembaga;
  3. Memiliki surat keterangan terdaftar dari pemeritah atau pemerintah daerah, atau memiliki pengesahan hukum yayasan atau badan hukum perkumpulan;
  4. nomor pokok wajip pajak organisasi/lembaga;
  5. nama dan jumlah anggota Pemantau Pemilu;
  6. Alokasi anggota Pemantau Pemilu yang akan di tempatkan ke daerah;
  7. Rencana dan jadwal pemantauan pada tahapan Pemilu;
  8. Rencana dan jadwal kegiatan Pemantauan serta daerah yang ingin dipantau;
  9. Nama, surat keterangan domisili, dan pekerjaan penanggung jawab Pemantau Pemilu yang dilampiri Pas foto diri terbaru;
  10. Surat pernyataan mengenai sumber dana yang ditandatangani oleh ketua lembaga Pemantau Pemilu; dan
  11. Surat pernyataan mengenai independensi lembaga Pemantau Pemilu yang ditandatangani oleh ketua atau sebutan lain lembaga Pemantau Pemilu.

 

Mengenai waktu pendaftaran Pemantau Pemilu adalah sampai dengan 7 (tujuh) hari sebelum pelaksanaan hari pemungutan suara Pemilihan Umum Anggota DPR. DPD, DPR Aceh dan DPR Kabupaten/Kota serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden dan Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, membuka pendaftaran bagi Pemantauan Pemilu Kabupaten dimulai sejak tanggal 20 Desember 2018 sampai dengn tanggal 10 April 2019, setiap hari kerja, bertempat di sekretariat Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah sedangkan Penerimaan pendaftaran pada hari dan jam kerja yang berlaku.

Vendio berharap Pemilu Tahun 2019 ini lebih partisipatif dari Pemilu sebelumnya, dengan memaksimalkan pemantau pemilu di khususnya Kabupaten Aceh Tengah. [Rel]

 

 

 

 

Komentar

Loading...