Berawal Dari Semak Belukar, Kini Wisata Bur Telege Ber Omset Ratusan Juta.

Screenshot_2018-11-13-16-39-39_1542102263417

TOSKOMI.COM II ACEH TENGAH (SELASA 13/11/2018) Wisata Bur Telege , desa hakim bale bujang kecamatan lut tawar terletak tidak jauh dari pusat kota takengon, berada di atas bukit yang menyuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa, kini menjadi tempat wisata paling populer bagi para wisatawan domestik dan masyarakat takengon sendiri.

Dari puncak bur telege di sisi selatan bisa dilihat hamparan hutan pinus dan pegunungan yang luas membentang, sementara dari sisi timur terlihat danau lut tawar dan kota takengon.

Berawal dari gagasan pemuda desa hakim bale bujang juga didukung oleh masyarakat setempat,  mereka merintis tempat tersebut dari tahun 2017, dengan memanfaatkan kayu bekas dan peralatan seadanya pemuda merangkai keindahan serta spot-spot foto yang unik hingga menarik banyak perhatian wisatawan,  kini bur telege telah berkembang menjadi tempat wisata berbasis alam dengan gaya kekinian.

Hanya dengan kurun waktu tidak sampai dua tahun burtelege dikelola menjadi tempat wisata paling asik di negeri di atas awan itu.

Misriadi Kepala desa hakim bale bujang saat di wawancarai wartawan Toskomi.com mengatakan, sejak di kelolanya tempat tersebut dari semak belukar menjadi tempat yang disenangi bagi wisatawan yang datang ke tempat itu , kini setelah beberapa tahun di kelola pendapatan wisata bur telege itu telah mendapat omset ratusan juta rupiah per tahunnya.

Selain hari-hari biasa, Ramai nya pengunjung yang datang pada saat libur tiba dan hari lebaran hingga mencapai ribuan orang yang berkunjung ke tempat itu dalam sehari Ungkapnya.

hasil pengelolaan tersebut kata misriadi kepala desa  hakim bale bujang akan dijadikan pengembangan kembali ke wisata bur telege itu sendiri agar kedepan bisa menjadi wisata yang mengikuti trend dengan berbasis alam.

Dengan dibantu suntikan dana desa dari awal merintis, wisata Bur Telege juga dikelola melalui badan usaha milik kampung (BUMK) kampung hakim bale bujang.

Misriadi mengatakan sangat bersyukur atas awal mula keberhasilan pengelolaan wisata bur telege ini, karna pemuda dan masyarakat nya bisa mendapatkan hal positif dan memberikan pemasukan untuk Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) hakim bale bujan itu sendiri.

Dengan memanfaat kan hasil pengelolaan itu, wisata bur telege kini telah di lengkapi berbagai fasilitas seperti caffe kopi, hammock, serta masih banyak fasilitas sarana penunjang lainnya.(Dedy D23)

Komentar

Loading...