Aktivis GmnI Desak KIP BM Transparan Terhadap Merekrut PPK

7866D741-8ED4-4962-B916-792283B1943B

TOSKOMI.COM|| Redelong (26/1/2018) - Aktivis GmnI mendesak Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Bener Meriah transparan dalam melaksanakan tahapan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Hal tersebut disampaikan Khairuddin lewar siaran persnya (25/1/2017).

KIP dalam melakukan perekrutan harus sesuai dengan ketentuan Undang Undang No.7 Tahun 2017 Tentang Pemilu Jo. PKPU 3 Tahun 2018.

Point yang perlu diingat kata Khairuddin, KIP harus mempertimbangkan bagi Anggota PPK yang pernah menjabat dua kali jabatan yang sama atau (Pemilu).

Dalam Hal ini, KIP harus mengumumkan mana-mana saja anggota PPK yang dinyatakan tidak lagi memenuhi syarat dan tidak bisa mengikuti test tulis.

Kemudian lanjut khairuddin, KIP Bener Meriah harus jeli mengecek rekam jejak (track rekord) dari calon anggota PPK bebas dilima tahun terakhir dari keanggotaan partai politik.

“Jangan sampai ada Caleg yang tahun lalu maju saat ini test PPK” Ujar Khairuddin.

Untuk itu, Khairuddin juga mengingatkan Panwaslu Kabupaten Bener Meriah harus bekerja ekstra dalam melakukan pengawasan.

Apabila terindentifikasi ada anggota partai yang masuk, artinya panwaslu gagal dalam melakukan pencegahan. Dan terhadap hal itu, Khairuddin akan melaporkan hal ini ke Bawaslu Aceh dan apabila perlu langsung ke DKPP.

Kualitas pemilu ditentukan oleh Komisioner KIP, kita hanya ingin pastikan KIP dan jajaranya tetap independen dan bebas dari bau partai politik. (Z.80)

Komentar

Loading...