Rancangan Qanun Baru tentang Pengelolaan sampah dan Qanun Muatan Lokal Di Aceh Tengah

IMG-20180112-WA0026

TOSKOMI.COM II Aceh Tengah (Jum'at, 12/01/18)

Dprk gelar rapat paripurna tentang rancangan Qanun pengelolaan sampah dan rancangan Qanun tentang muatan lokal di ruang sidang Dprk Aceh tengah. Di dalam rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Aceh tengah Drs Shabela Abubakar, turut hadir kepala SKPK kabupaten aceh tengah, Dan para Dprk Aceh Tengah.

 

Kabupaten aceh tengah yang terdiri dari 14 kecamatan, 20 mukim dengan 295 kampung defenitif dan 57 kampung persiapan,  dengan demikian tentunya semakin banyak persoalan tentang sampah di aceh tengah memang sudah lama tidak bisa teratasi.

 

Di awal pembukaan rapat Shabela abubakar selaku bupati aceh tengah menjelaskan dalam pidatonya , bahwa setiap tahun bahkan setiap harinya volume sampah di aceh tengah semakin meningkat , dengan keterbatasan tempat pembuangan akhir (TPA), maka masyarakat aceh tengah pada saat ini banyak membuang sampah kesembarang tempat bahkan ketempat-tempat yang seharusnya dilindungi seperti sungai, danau , lahan kosong, hingga lereng gunung.

 

Shabela abubakar berharap dengan terbentuknya Qanun tentang pengelolaan sampah ini bisa menjadi payung hukum untuk masyarakat dan pemerintah daerah khususnya dalam persoalan sampah sehingga dapat terwujud kebersihan, kenyamanan serta keindahan bagi masyarakat aceh tengah kedepannya, uangkap Bupati.

 

Badan legislasi Dprk Aceh tengah sukurdi iska juga menjelaskan, bahwa Qanun tentang pengelolaan sampah ini juga harus di perhatikan dari sumbernya hingga ketempat pembuangan akhir sehingga pengelolaan sampah di aceh tengah ini lebih terstruktur di masa yang akan datang.

 

Kemudian usai penyambutan pembukaan rapat tersebut 15:00 Wib tadi,  hingga saat ini rapat paripurna masih berlangsung sampai malam nanti di tempat yang sama. (D23)

 

Komentar

Loading...