Bupati/Wabup Ikuti Gladi Acara Nik Reje Besok

FB_IMG_1514819521167

TOSKOMI.COM II Aceh Tengah (01/01/18) Gladi Bersih Nik Ni Reje (Penobata Raja) Secara adat Gayo yang berlangsung di Pendopo Aceh Tengah. 1 Januari 2018.

 

Bupati Aceh Tengah yang Baru saja di lantik oleh Gubenur aceh Pada Kamis (28/12/2017) Lima Hari lalu. Setelah dilantik Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah masa bakti 2017-2022 ini kembali melakukan prosesi acara Adat Gayo.

 

Acara prosesi adat Gayo cukup menjadi perhatian Masyarakat gayo, yang mana Bupati di antar dari rumah kediamannya ke Pendopo dengan iringan para pemain musik tradisonal Gayo atau biasa di sebut dengan bahasa Gayo pemain Canang gayo.

 

Adapun prosesi acara, setiba Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah di depan pintu gerbang Pendopo Bupati dan Wakil Bupati di selimutkan opoh ulen-ulen Gayo (Kain Kerawang Gayo), berikutnya di kasih sambut dengan tari Munalo dan di tepung tawari, serta penyerahan pusaka  (Bawar) Pedang peninggalan Raja Linge di tanah Gayo.

 

Prosesi Galdi Bersih ini sangat meriah di hadiri oleh Tokoh-tokoh adat Gayo, tokoh Masyarakat dan dan Para Ulama yang ada di Takengon, Aceh Tengah.

Dari pantauan toskomi.com Acara Gladi Bersih Nik Ni Reje (Penobatan Raja) hari itu berjalan dengan lancar dan sukses.

 

"Diperkirakan acara adat gayo nik ni reje (Penobatan Raja) Bupati dan Wakil Buti ini besok hari akan di hadiri oleh ribuan Warga Aceh Tengah". Kata Hamdan salah seorang Paniti  diacara tersebut.

 

Kepada Warga Gayo aceh tengah yang datang besok hari (2/01/2018),agar mematuhit peraturan panitia,dan menjaga ketertipan di acara nik ni reje (Penobatan Raja) besok. Tutup Hamdan.  (R2)

Komentar

Loading...