26 tentara tewas saat taliban menyerang pangkalan milter Afganistan

Taliban Serbu Pangkalan Militer Afganistan, 26 Tentara Tewas

Tentara Afganistan Sedang Menghadapi Gempuran taliban

TOSKOMI.COM || Afganistan (27/7) Sedikitnya 26 tentara Afganistan dan 13 lainnya terluka setelah Taliban menyerang sebuah pangkalan militer di provinsi Kandahar.

Kementerian Pertahanan Afganistan, Rabu (26/7/2017), mengatakan, Taliban menyerang kamp militer di kawasan Karzali di distrik Khakrez, Selasa malam.

"Pasukan Afganistan melawan dengan gagah berani dan menewaskan 80 orang Taliban," kata juru bicara Kemenhan, Jenderal Dawlat Waziri.

Warga yang tinggal di sekitar pangkalan militer tersebut mengatakan, tembak menembak terjadi selama beberapa jam.

Awalnya, sebuah iring-iringan 30 kendaraan yang membawa ratusan anggota Taliban menyerang pangkalan itu dari berbagai arah.

Kelompok Taliban membenarkan aksi mereka di Kandahar lewat akun Twitter-nya.

Taliban terus meningkatkan kampanye mereka melawan pasukan pemerintah yang menambah buruk masalah keamanan negeri yang dikotak perang itu sejak pasukan NATO mengakhiri misi tempur pada Desember 2014.

Sementara militer Afganistan dengan berbagai kekurangan termasuk tingginya desersi dan korupsi berjuang keras mengalahkan Taliban.

Menurut lembaga pemantau yang berbasis di AS, SIGAR, korban yang jatuh di antara tentara Afganistan meningkat hingga 35 persen pada 2016 atau sekitar 6.800 tentara dan polisi tewas.

Apalagi, kelompok Taliban semakin canggih dalam menggelar serangan-serangan mereka pada tahun ini.

Pada April lalu lebih dari 140 prajurit Afganistan tewas saat Taliban menyerang sebuah pangkalan militer di luar kota Mazar-i-Sharif, wilayah utara Afganistan.

Sedangkan pada Maret, anggota Taliban yang menyamar sebagai dokter menyerang RS Sardar Daud Khan di Kabul, rumah sakit militer terbesar di Afganistan.(KOMPAS.com)

 

Komentar

Loading...