Menakjubkan, Nama Bupati Kristen Ini Jadi Nama Dua Masjid

Bupati Alor, Amon Djobo ketika mendapat sambutan dari masyarakat Kabupaten Alor NTT

TOSKOMI.COM || Alor (21/7) Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim yang dianggap sacral dan suci, karena itu nama sebuah masjid umumnya menggunakan nama-nama tokoh-tokoh dan tempat dalam Al-Quran.

Misalnya, Al-Iklas, Al-Fatah, Nurul Iman  dan lain sebagainya. Namun, di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), nama bupati ini digunakan sebagai nama masjid.

Yang lebih membanggakan dan sangat menakjubkan adalah bupati tersebut ternyata beragama Kristen. Dia Adalah Amon Djobo (Bupati Alor Periode 2013-2018).

Seperti dikutip dari http://www.portalntt.com tanggal 12 Agustus 2016 kedua masjid yang diberi nama Amon Djobo masing-masing terletak di Pulau Lapan dan Pulau Luang Barat, Baranusa, Kecamatan Pantar Barat. Menurutnya, kedua mesjid itu diberi nama “Amon Djobo” atas permintaan masyarakat dan bukan kemauan pribadinya.

“Di Alor ini, bahkan NTT dan seluruh dunia, masjid yang nama Amon Djobo hanya ada di sini. Setiap Gereja dan Masjid saya sudah masuk dan ikut sembayang di sana. Hampir semua Gereja dan Masjid saya dijadikan sesepuh di sana. Semua karena saya selalu tegaskan makna kerukunan bagi masyarakat Alor dan semua penganut aliran kepercayaan yang ada.

Sehingga sejauh ini, kami hidup berdampingan dengan penuh cinta kasih, tapa ada gesekan. Atas dasar itu masyarakat di Baranusa abadikan nama saya sebagai nama masjid,” jelas Amon Djobo seperti dilansir dari www.fokusnusatenggara.com , tanggal 14 Agustus 2016.

Lebih lanjut dijelaskan, alasan pemberian nama tersebut lantaran  sang Bupati dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakatya tanpa pernah membeda-bedakan satu dengan yang lain.

Selama masa kepemimpinannya disebutkan, tidak pernah ada konflik antar agama maupun suku seperti yang kini terjadi di beberapa tempat di Indonesia.(Refael Molina/Anggota Forum Penulis NTT)

 

Komentar

Loading...