Ini Kehebatan Tank KAPLAN Buatan Indonesia

TANK Kaplan Buatan RI

TOSKOMI.COM || Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki tank hasil buatan anak bangsa yang diproduksi oleh PT Pindad. Perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer milik Indonesia, PT Pinad akhirnya telah menyelesaikan prototipe tank kelas menengah.

Pindad bekerjasama dengan perusahaan asal Turky FNSS untuk menggarap proyek medium tank yang diberi nama KAPLAN MT.

Tak disangka, kehadiran tank buatan Indonesia ini memukau banyak pihak. Lalu seperti apa kehebatannya?

Tank ini dipersenjatai dengan   meriam 105 mm yang distabilkan, diberi umpan oleh pemuat otomatis. Senapan mesin 7,62 mm dipasang pada persenjataan utama. Nantinya, Kaplan MT ini akan bertugas untuk memberikan dukungan langsung kepada pasukan TNI yang turun di  medan perang.

Menara tank itu sendiri adalah menara CMI Defense 3015 buatan Belgia, yang menyatukan  meriam  bertekanan tinggi Cockerill 105 mm dengan autoloader canggih untuk memberikan tingkat kematian tinggi meskipun dengan bobot yang sangat ringan (cuma 35 ton).

Mengutip situs  militerhankam, Tank ini dilengkapi dengan peluncur  granat asap yang dioperasikan menggunakan  listrik dan digabungkan dengan sistem peringatan laser yang terpasang pada menara.

Tak hanya itu, Kaplan MT juga dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan (FCS) terkomputerisasi dan komandan beserta penembak masing-masing dilengkapi dengan sistem pengamatan thermal yang stabil dengan pengintai laser jarak jauh.

Kaplan MT ini memiliki tingkat perlindungan yang tinggi, yang mana seluruh lambung baja di las dan dapat menggunakan pelindung atau perisai tambahan.

Interiornya dirancang dengan mempertimbangkan ergonomi para awak dan kondisi taktis serta  medan pertempuran yang berbeda termasuk mengemudi, menembak dan bongkar muat amunisi.

Untuk kursi pengemudi dirancang khusus agar sang pengemudi mendapat keuntungan atas bidang pandang yang disempurnakan serta akses yang mudah ke  dashboard dan alat penggerak lainnya.

Tank ini sepenuhnya dapat dioperasikan dalam berbagai kondisi ketinggian dan kelembaban, dan pada suhu mulai dari minus 18 °C sampai 55 °C. Mesin yang digunakan yakni mesin diesel, sistem transmisi dan pendinginan otomatis, yang mampu menghasilkan rasio daya dan berat sebesar 20 tenaga kuda/ton serta mampu melaju pada kecepatan hingga 70 km/jam.

Kaplan juga dilengkapi tangki bahan bakar berpendingin menggunakan kipas hidrolik berbasis perangkat lunak cerdas untuk ekstraksi torsi secara optimal dan menghemat bahan bakar, juga dilengkapi dua tangki bahan bakar  terpisah memberikan jarak operasi hingga 450 km.

Untuk tahap produksi, Tank ini rencananya akan mulai tahap pembuatan secara masal pada tahun 2018. Dan, direncanakan akan ikut memeriahkan parade Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional  Indonesia (TNI) yang berlansung pada tanggal 5 Oktober 2017 mendatang. (arah.com)

 

Komentar

Loading...