Reje Bale Beberkan Kunci Keberhasilan Pengelolaan Pariwisata Bur Telege

adi bale dan kabid pariwisata pemuda bale

TOSKOMI.COM|| Takengon (3/7/2017) - Reje Kampung Bale Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Misriadi atau yang lebih akrab disapa Adi Bale beberkan kunci keberhasilan pengelolaan Objek Wisata Bur Tegele.

Hal itu disampaikan Adi Bale di objek pariwisata yang tengah hits tersebut kepada Toskomi.com

Adi membeberkan kunci keberhasilan tersebut terletak pada soliditas pemuda kampung Bale untuk membenahi objek tersebut sehingga menjadi magnet wisatawan lokal.

Upaya yang tergelong unik tersebut menjadi jurus tersendiri bagi Reje Tersebut memberdayakan pemuda. Tak tanggung-tangung lebih dari seratus Pemuda Kampung tersebut terlibat dalam pengelolaan objek pariwisata tersebut mulai dari penjaga parkir sampai kepada penjualan di lapak dagangan.

Bagi Adi Bale, belajar menjadi pemuda, merasakan apa yang mereka rasakan adalah salah satu cara dirinya merangkul pemuda Bale sehingga mengarahkan pemuda tersebut menjadi produktif.

"Dulu saya juga dianggap sebagai sampah masyarakat oleh masyarakat sekitar. Tapi mereka lupa bahwa sampah juga bisa di daur ulang sehingga berdaya jual tinggi" Ungkap Reje Adi menceritakan kisah kelam dirinya.

Itulah alasan bagi Adi Bale mendengarkan usulan dari pemuda sehingga memutuskan untuk mulai menggarap objek pariwisata tersebut.

Adi dan ratusan Pemuda Kampung bale tersebut mulai bergerak sejak Bulan Ramadhan kemarin. Hasilnyapun luar biasa, tempat yang dulunya semak belukar tersebut akhirnya disulap menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Sentuhan demi sentuhan yang dilakukan oleh pemuda tersebut menjadikan setiap sudut Bur Telege menjadi lebih indah untuk dipandang. View Danau Lut Tawar, pepohonan yang rindang dan pemandangan kota Takengon menjadikan lokasi ini menjadi lokasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang melancong ke Dataran Tinggi Gayo.

Bur Telege juga sangat cocok untuk camping. Sehingga menurut Adi Bale kedepan akan menargetkan menjadikan Bur Telege menjadi tujuan Pramuka di Gayo.

"target kita flaying fox mulai dari tingkat pemula sampai dengan yang ekstrim akan kita bagun" Tambah Adi.

Untuk tujuan tersebut menurutnya Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah perlu memperbaiki akses jalan ke lokasi tersebut, sehingga akan memudahkan lagi wisatawan mengakses lokasi tersebut. (Z.80)

Komentar

Loading...