Xi meminta untuk meningkatkan hubungan China-Jepang dengan arah yang benar di bawah B & R

Bendera RRC dan Japan

TOSKOMI.COM || Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa mengatakan bahwa dia berharap untuk memindahkan hubungan Sino-Jepang ke arah yang benar, menambahkan bahwa ada peluang baru untuk hubungan bilateral.

Xi membuat ucapan saat mengadakan pembicaraan di Beijing dengan Toshihiro Nikai, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Liberal Jepang.Nikai mengunjungi Beijing untuk menghadiri pertemuan puncak dua hari mengenai inisiatif Belt and Road China yang disimpulkan pada hari Senin.

Mengacu pada Nikai sebagai teman baik orang Tionghoa, Xi memuji upayanya untuk mempromosikan hubungan Sino-Jepang serta keikutsertaannya dan ketertarikan Jepang pada inisiatif Belt and Road.

Memperhatikan bahwa 2017 dan 2018 masing-masing menandai ulang tahun ke-45 normalisasi hubungan diplomatik China-Jepang dan peringatan 40 tahun penandatanganan Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan antara China dan Jepang, Xi mengatakan bahwa hubungan bilateral dihadapkan pada peluang baru dan peluang luar biasa. Tantangan.

Untuk memperbaiki hubungan bilateral, kedua belah pihak harus mematuhi empat dokumen politik dan kesepakatan empat poin antara kedua negara, dan menjunjung tinggi semangat untuk mengambil sejarah sebagai cermin dan menanti masa depan, kata Xi. Xi menekankan pentingnya pembangunan damai hubungan China-Jepang dan menyerukan kerjasama win-win di bawah Inisiatif Belt dan Jalan.

Kedua negara, sebagai negara besar di dunia, memiliki kepentingan bersama dalam mempromosikan globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan, katanya.  Pada gilirannya, Nikai menyatakan kesediaan Jepang untuk bekerja sama dengan China di bawah Inisiatif.

Dia juga mengatakan Tokyo akan bekerja sama dengan Beijing untuk mengadakan beberapa acara seremonial tahun ini dan pada 2018 untuk menandai ulang tahun ke-45 normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang. Partai berkuasa kelas berat tersebut mengunjungi Beijing untuk Belt and Road Forum, pertemuan internasional profil tertinggi mengenai inisiatif Belt and Road sejauh ini. (Z)

 

Komentar

Loading...