Putin Ikrar Dukungan untuk China’s $ 124 bln ‘New Silk Road’

Putin Ikrar Dukungan untuk China

TOSKOMI.COM || Presiden Rusia Vladimir Putin secara terbuka telah berjanji untuk mendukung upaya kontroversial China untuk menghidupkan kembali Jalan Sutra kuno.

Diluncurkan pada tahun 2013, inisiatif Belt and Road berharap dapat membangun kembali jaringan pelabuhan, jalan dan kereta api dari China ke Barat, menciptakan koridor perdagangan baru. Presiden China Xi Jinping telah menjanjikan $ 124 miliar untuk skema tersebut, yang menurut para kritikus akan menyebarkan pengaruh China ke seluruh Eurasia.

Berbicara di Beijing pada hari Senin, Putin mengatakan bahwa proyek tersebut "sangat diminati" dan menambahkan bahwa Rusia akan menjadi mitra aktif dalam proyek tersebut.

Putin memuji gagasan untuk menciptakan sabuk pembangunan ekonomi dan perdagangan yang saling menguntungkan antara Asia dan Eropa, menyebutnya sebagai inisiatif penting dan penting.

Putin mengatakan bahwa inisiatif tersebut memperhitungkan tren terkini dalam ekonomi dunia dan mencerminkan keseluruhan kebutuhan untuk mengkoordinasikan proses integrasi tidak hanya di benua Eurasia, tapi juga di seluruh dunia.

Dua puluh sembilan kepala negara ambil bagian dalam forum kerjasama internasional Belt and Road di Beijing pada tanggal 14-15 Mei.

Para pemimpin dari Amerika Serikat, Inggris Raya, India, Jepang dan Jerman semua menolak menghadiri pertemuan secara langsung, dengan delegasi Jerman meningkatkan kekhawatiran mengenai apakah tender akan tersedia untuk perusahaan swasta.

Xi berusaha meyakinkan para diplomat dengan menggambarkan inisiatif tersebut sebagai "proyek abad ini," mengklaim bahwa penyelesaiannya yang berhasil akan "menambah kemegahan bagi peradaban manusia."

"Semua negara, baik dari Asia, Eropa, Afrika atau Amerika, dapat menjadi mitra kerja sama internasional dari Belt and Road Initiative," katanya. "Kita harus membangun platform terbuka untuk kerjasama dan menjunjung tinggi dan menumbuhkan ekonomi dunia terbuka." (Z)

Komentar

Loading...