Presiden Lantik Gubernur dan Wabub Gelombang Pertama, Aceh Gelombang Kedua

Jokowi

TOSKOMI.COM|| (12/5/2017) Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima pasangan gubernur-wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2017, di Istana Negara, Jakarta.

 

Prosesi upacara pelantikan dimulai di Istana Merdeka, di mana Presiden Jokowi menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada para calon gubernur dan wakil gubernur.

Usai penyerahan Keppres, Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Presiden Ke-3 B.J. Habibie dan Presiden Ke-5 Megawati Soekarno Putri memimpin prosesi kirab untuk mengantar kelima pasangan gubernur-wakil gubernur menuju lokasi pelantikan di Istana Negara.

Lima pasangan gubernur-wakil gubernur yang dilantik adalah Wahidin Halim-Andhika Hazrumy dari Provinsi Banten, Rusli Habibie-Idris Rahim (Provinsi Gorontalo), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny (Provinsi Sulawesi Barat), Erzaldi Rosman-Abdul Fatah (Provinsi Bangka Belitung), dan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Provinsi Papua Barat).

Mereka dilantik terlebih dulu menyusul akhir masa jabatan (AMJ), yang telah jatuh tempo. Masa jabatan Gubernur Banten telah berakhir sejak 11 Januari 2017, Gubernur Gorontalo (16 Januari 2017), Gubernur Papua Barat (17 Januari 2017), Gubernur Sulawesi Barat (14 Desember 2016), dan Gubernur Bangka Belitung (7 Mei 2017).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau, yang dipilih DPRD Provinsi Riau.

Posisi Wakil Gubernur Riau kosong sejak Annas Maamun tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi APBD Riau, pada tahun 2014 lalu.

Komentar

Loading...