Gayo Merdeka Demo Polres Aceh Tengah Harus Tangkap Penista Suku Gayo

instagrid_201745172236660

AKSI BELA GAYO
PRESS REALEASE

Terkait dengan telah terjadinya pelecehan dan penistaan terhadap suku bangsa Gayo yang dilakukan oleh akun facebook atas nama M Haikal yang telah viral di seluruh sosial media di bumi Tanoh Gayo ini dan telah mengganggu stabilitas keamanan suku bangsa gayo.

Bahwa apa yang dilakukan oleh Akun Facebook M Haikal telah memperkosa nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945, Nilai-nilai Bhineka Tugal Ika, Menciderai Undang Undang Dasar 1945 dan Mengganggu kekokohan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal antar sesama warga indonesia khususnya Suku Gayo dan Suku Aceh yang telah bersaudara selama ratusan tahun yang lalu.
Bahwa Tanoh Gayo selama ini selalu menjaga toleransi antar suku. Terbukti di Tanoh Gayo telah hidup berdampingan dan saling menghormati antara suku Gayo, Suku Aceh, Suku jawa, Suku Padang, Suku Batak, Suku Sunda, etnis tionghoa dll. Kami tidak ingin ini menjadi pemicu perpecahan/perang antar suku di Tahon Gayo.
Perbuatan M. Haikal yang mengklaim bahwa Suku Gayo merupakan Suku pendatang ke Aceh adalah keliru dan mencidrai sejarah Kerajaan Linge.

Bahwa sejarah telah membuktikan ada 12 (dua belas) Suku yang ada di Aceh diantaranya: Gayo, Alas, Singkil, Kluet, Anak Jamee, Tamiang, Devayan, segulai, Pakpak, Haloban, Lekon dan Suku Aceh telah hidup damai secara harmoni tanpa ada diskriminasi satu sama lainya.
Bahwa apa yang dilakukan M Haikal tidak hanya melecehkan Suku Gayo namun juga menistakan Al- Quran (Q.S. Al-Hujurat. 13)

Untuk itu, Polres Aceh Tengah harus melakukan sikap yang serius menangani hal ini karena akun M Haikal telah nyata-nyata melanggar pasal 4 huruf b Undang undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis Jo. Pasal 315 KUHP.
Untuk itu kami mendesak Polres Aceh Tengah untuk:
1. Berkoordinasi dengan Polda Aceh dan Mabes Polri untuk melacak akun Facebook M Haikal;
2. Menangkap dan Mempidanakan M Haikal dengan cepat, adil, dan transparan.
3. Apabila tuntutan kami tidak dipenuhi, kami akan melakukan hal-hal yang kami anggap perlu sendiri.

Koorlap:
ASRA ARISYAH FITRA
(0823 6722 8158)

Komentar

Loading...