KH Hasim Muzadi Tutup Usia

Hasyim_Muzadi

TOSKOMI.COM|| Malang (16/3). Satu lagi orang tokoh negeri ini meniggalkan kita. Kali ini DR. KH. Hasim Muzadi tutup usia pagi (16/3/2017) sekitar Pukul 06:15 WIB.

Tokoh Nadhatul Ulama (NU) ini lahir pada tanggal 8 Agustus 1944 di Tuban, Jawa Timur. Jabatan saat ini adalah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Muzadi menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo, ia lalu menuntaskan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang, Jawa Timur pada tahun 1969.

Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang terbukti mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999. Tercatat, suami dari Hj. Muthomimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986, yang ketika itu masih bernaung di bawah Partai Persatuan Pembangunan.

Muzadi sempat mendampingi  Megawati Soekarnoputri dalam pemilihan presiden Indonesia seawal November 2003. Ia resmi maju bersama Megawati pada 6 Mei 2004. Dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2004, Megawati dan Muzadi meraih 26.2% suara di putaran pertama, tetapi kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla di putaran kedua.

Hasim Muzadi juga dikenal sering berkontribusi menyumbangkan pikirian cemerlang untuk bangsa dan negara. (A.91)

Komentar

Loading...